Kemensetneg Akui Sewa Ratusan Kendaraan untuk Perayaan HUT RI di IKN

Rabu, 07 Agustus 2024 - 13:14 WIB
loading...
Kemensetneg Akui Sewa...
Lapangan yang akan digunakan untuk upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Pemerintah menyewa ratusan kendaraan untuk keperluan HUT ke-79 RI di IKN. Foto/Dok Badan Otorita IKN
A A A
JAKARTA - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengakui telah menyewa kendaraan untuk keperluan operasional pada perayaan hari ulang tahun ( HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Negara ( IKN ) Nusantara pada 17 Agustus 2024. Namun jumlahnya bukan 1.000 tapi hanya berkisar ratusan unit.

Hal ini disampaikan Sekretaris Kemensetneg Setya Utama terkait informasi pemerintah menyewa 1.000 mobil untuk mengangkut tamu/undangan Upacara 17 Agustus 2024 di IKN. Ia menegaskan, pihaknya tidak menyewa mobil sebanyak itu. Sebab, untuk mobilisasi pihaknya menyediakan bus untuk tamu undangan.

"Setneg tidak menyewa mobil, termasuk Alphard sejumlah 1.000 unit. Karena kami akan menyediakan angkutan bus untuk undangan yang akan menghadiri upacara HUT RI di IKN. Jumlah busnya juga tidak sebanyak itu," kata Setya dalam keterangannya, Rabu (7/8/2024).



Setya menjelaskan, mobilisasi dari dan ke IKN, khususnya Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), diutamakan menggunakan sarana transportasi massal yakni bus. "Selain itu, kendaraan lain yang digunakan adalah untuk rangkaian Presiden RI dan Ibu Negara serta kendaraan contigency seperti kendaraan cadangan dan ambulance," katanya.

Selain itu, akan ada kendaraan operasional untuk wara wiri dan logistik seperti truk dan mobil box barang. Menurutnya, total semua kendaraan itu, hanya seratusan unit.

"Armada bus yang disiapkan oleh panpel bidang transportasi (Kemenhub dan OIKN juga Pemda setempat) jumlahnya juga hanya sekitar 200-an (jauh dari 1000 unit) untuk sarana transportasi Pasukan Upacara dan undangan," ujarnya.

Setya meminta semua pihak untuk mengkonfirmasi mengenai terkait penyewaan 1.000 unit mobil yang sebelumnya dikatakan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur.

"Tolong konfirmasi ke Asosiasi penyedia kendaraan Kaltim terkait angka itu," kata Setya.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)