Renungan Suci di TMP Kalibata, Jokowi: Hormat Kami kepada Seluruh Pahlawan

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 01:06 WIB
Renungan Suci di TMP Kalibata, Jokowi: Hormat Kami kepada Seluruh Pahlawan
Renungan Suci di TMP Kalibata, Jokowi: Hormat Kami kepada Seluruh Pahlawan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, tengah malam ini. Upacara tersebut merupakan rangkaian acara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI.

Dalam kesempatan ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjadi inspektur upacara dan pembaca naskah renungan. "Kami yang hadir hari ini, Jumat tanggal 17 Agustus 2019 pukul 00.00 WIB pada upacara mengenang arwah para pahlawan nusa dan bangsa," kata Jokowi saat membacakan naskah upacara.

Jokowi juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan. Saat ini para pahlawan yang sudah bersemayam di TMP Kalibata berjumlah 10.026 pahlawan.

Jumlah itu terdiri atas TNI/Polri 9.081 pahlawan, Badan Perjuangan 859 pahlawan, Tokoh Nasional 43 pahlawan, dan tidak dikenal 43 pahlawan.

"Begitu pun pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, kesucian pengorbanan para pahlawan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," tuturnya.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami, dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan Yang Maha Esa dan ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya," tambahnya.

Usai pembacaan pidato, Jokowi kemudian menyalakan obor dan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendi.

"Jadikanlah generasi penerus kami pewaris keteladanan dan patriot berhati para pendiri bangsa. Jadikanlah negeri kami negeri Pancasila yang aman dan tenteram," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5494 seconds (0.1#10.140)