Jokowi Tegaskan Gelar Pahlawan Nasional Soekarno Sah dan Memenuhi Syarat

Senin, 07 November 2022 - 14:11 WIB
loading...
Jokowi Tegaskan Gelar Pahlawan Nasional Soekarno Sah dan Memenuhi Syarat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan gelar kepahlawanan Presiden Soekarno sah dan memenuhi syarat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan gelar kepahlawanan Presiden Soekarno sah dan memenuhi syarat. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak berlakunya ketetapan MPRS Nomor 33/MPRS/1967 tentang Pencabutan Kekuasaan Pemerintahan Negara dari Presiden Soekarno.

"Perlu kami tegaskan bahwa ketetapan MPR Nomor 1/MPR/2003 menyatakan TAP MPRS Nomor 33/MPRS/1967 sebagai kelompok ketetapan MPRS yang dinyatakan tidak berlaku laku lagi dan tidak perlu dilakukan tindakan hukum lebih lanjut baik karena bersifat final, telah dicabut, maupun telah dilaksanakan," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (7/11/2022).

Jokowi menjelaskan pada 1986 pemerintah telah menganugerahkan pahlawan proklamator kepada insinyur Soekarno. Dan di 2012 pemerintah juga telah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Soekarno.



"Artinya insinyur Soekarno telah dinyatakan memenuhi syarat setia dan tidak mengkhianati bangsa dan negara yang merupakan syarat penganugerahan gelar kepahlawanan," tegasnya.



Penganugerahan gelar pahlawan kepada Soekarno, kata Jokowi, merupakan bukti pengakuan dan penghormatan negara atas kesetiaan dan jasa-jasa Bung Karno terhadap bangsa dan negara.

"Baik sebagai pejuang dan Proklamator kemerdekaan maupun sebagai kepala negara di saat bangsa Indonesia sedang berjuang membangun persatuan dan kedaulatan negara," ungkapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)