Kemenag Siapkan Data dan Dokumen Pendukung Hadapi Pansus Haji

Selasa, 06 Agustus 2024 - 16:26 WIB
loading...
Kemenag Siapkan Data...
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latief mengatakan pihaknya siap jika dipanggil Pansus Haji DPR. Foto/SINDOnews/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) , Hilman Latief mengatakan pihaknya siap jika dipanggil Pansus Haji DPR. Untuk itu, Kemenag tengah menyiapkan data dan dokumen pendukung untuk dibawa ke rapat tersebut.

"Kami dalam menyikapi Pansus mencoba menyiapkan berbagai argumen dan juga data maupun dokumen untuk merespons apa yang nanti akan menjadi pertanyaan fundamental dari Pansus tersebut," ujar Hilman dalam Diskusi Publik Forjukafi: Haji Antara Transformasi dan Politisasi di Hotel Oasis Amir, Jakarta, Selasa (6/8/2024).



Hilman mengaku kaget dengan adanya Pansus Haji bentukan dari DPR ini. Sebab pemerintah telah menyiapkan penyelenggaraan ibadah haji sejak lama terutama dengan jumlah jemaah haji terbanyak sepanjang sejarah.

"Tentu dari Kementerian Agama kami sempat kaget ya munculnya Pansus ini dan apalagi sampai pada level Pansus angket gitu ya. Karena kita sudah berproses cukup lama untuk mempersiapkan berbagai hal terkait dengan Penyelenggaran Haji 1445 Hijriah kemarin atau 2024," papar Hilman.

"Di mana memang jumlah jamah yang harus kami layani sangat besar yaitu dengan kuota 221.000 plus 20.000 tambahan jadi 241.000 orang dan itu pertama kali dalam sejarah dengan jumlah sebanyak itu," sambungnya Hilman.

Dengan demikian, pihaknya tengah melakukan berbagai langkah mulai dari persiapan, telaah, simulasi hingga kajian mendalam. Hal ini agar menciptakan penyelenggaran haji yang aman dan nyaman.



"Karena itu kita mencoba melakukan berbagai persiapan, telaah, simulasi, kajian, dimana kita menginginkan ada satu senario yang bisa kita gunakan di tahun kemarin dengan prinsip sebagaimana hasil daerah rakernas kami penyelenggaran haji yang aman dan nyaman," tutupnya.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)