alexametrics

Kongres Usai, Megawati Minta Kader Langsung Kerja

loading...
Kongres Usai, Megawati Minta Kader Langsung Kerja
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya saat penutupan Kongres V PDIP di Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu (10/7/2019). Foto/SINDOnews/Abdul Rochim
A+ A-
DENPASAR - Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Sanur, Denpasar, Bali resmi ditutup pada Sabtu (10/7/2019). Selain menetapkan ketua umum dan jajaran struktural periode 2019-2024, ada sejumlah rekomendasi yang dihasilkan dari kongres ini.

Megawati Soekarnoputri yang kembali dipercaya oleh para kader PDIP se-Indonesia untuk kembali menjadi ketua umum selama lima tahun ke depan, mengatakan, Kongres V merupakan suatu tonggak sejarah baru kepartaian untuk semakin meneguhkan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar negara. Sekaligus sebagai bintang penuntun bagi seluruh gerak dan langkah kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Ingat, berjuanglah tanpa henti dengan kesabaran progresif revolusioner untuk menjadikan PDI Perjuangan sebagai partai pelopor. Suatu partai yang terarah, dan terukur dalam menghasilkan keputusan politik, kerja politik utama bagi suatu partai politik harus kembali menghasilkan keputusan politik dengan, dapat mengorganisir seluruh tenaga rakyat," ujar Megawati dalam pidatonya saat penutupan kongres.



Dikatakan Megawati, tindakan partai politik harus menghasilkan keputusan politik, bukan sekadar menang elektoral. "Menang elektoral harusnya buah dari kerja politik, bukannya transaksional politik. Anak-anakku dan simpatisan PDI Perjuangan, dimanapun kalian berada. Saya yakin kalian memiliki karsa, yaitu kekuatan jiwa. Kekuatan jiwa itu saya namakan Tri Karsa PDI Perjuangan," tuturnya.

Pertama, berjuang terus untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kedua, berjuang untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman perencanaan pembangunan di segala bidang kehidupan. Baik di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan, maupun bidang lingkungan hidup dalam politik legislasi, politik anggaran, dan politik pengawasan.

Karsa ketiga yakni berjuang menjadikan Pancasila hidup dan menghidupi rakyat dalam 5 bidang prioritas yakni bidang sandang pangan papan, pendidikan, tenaga kerja dan jaminan sosial, infrastuktur dan lingkungan hidup.
Dan yang paling utama dalam bidang agama, kepercayaan, mental spiritual dan kebudayaan.

"Pulanglah dengan semangat, dan sikap perilaku yang baik. Segera bekerja, menyingsikan lengan baju, sampaikan cinderamata Tri Karsa kepada keluargamu, pada kerabatmu, pada sanak saudaramu. Dan tentu saja pada semua rakyat," serunya.

Megawati mengingatkan agar para kader parpol moncong putih agar tidak berpuas diri dengan hasil-hasil Pemilu 2019 yang mengantarkan PDIP sebagai pemenang pemilu legislatif dan pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin yang diusung PDIP dan 9 parpol koalisinya menang dalam kontestasi pilpres.

"Kita masih harus mengerahkan segenap urat-urat dan segenap otot-otot dan pikiran, dan rasa untuk menghimpun seluruh kekuatan bangsa, seluruh tenaga rakyat," katanya.

abdul rochim
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak