Profil Muhadjir Effendy, Ketua Tim Pengelola Tambang Muhammadiyah

Rabu, 31 Juli 2024 - 11:28 WIB
loading...
Profil Muhadjir Effendy,...
Muhadjir Effendy resmi ditunjuk oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menjadi Ketua Tim Pengelola Tambang. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Muhadjir Effendy resmi ditunjuk oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menjadi Ketua Tim Pengelola Tambang. Jabatan itu membuat tanggung jawabnya bertambah, sebab saat ini ia masih menduduki posisi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Tidak hanya itu, Muhadjir Effendy juga akan menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah Bidang Bisnis dan Ekonomi.

Tim Pengelola Tambang Muhammadiyah yang diketuai Muhadjir Effendy terdiri dari Muhammad Sayuti yang akan menjabat sebagai Sekretaris dan Anwar Abbas, Hilman Latief, Agung Danarto, Ahmad Dahlan rais, Bambang Setiaji, dan Arif sebagai Anggota.


Profil Muhadjir Effendy

Muhadjir Effendy lahir pada 29 Juli 1956 di Wonoasri, Madiun, Jawa Timur. Setelah menghabiskan masa mudanya di tanah kelahiran, ia kemudian menempuh pendidikan sarjana muda di IAIN Malang, kemudian meraih gelar sarjana di IKIP Negeri Malang (saat ini Universitas Negeri Malang).

Muhadjir kemudian menempuh pendidikan pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) dan meraih gelar Magister Administrasi Publik (MAP) pada 1996. Kemudian pada 2008, Muhadjir berhasil menyelesaikan pendidikan S3 bidang Sosiologi Militer di Program Doktor Universitas Airlangga.

Selain menyelesaikan pendidikan di sejumlah universitas negeri bergengsi, Muhadjir juga rajin mengikuti kursus di luar negeri antara lain di National Defence University, Washington DC pada 1993, dan di Victoria University, British Columbia, Kanada pada 1991.

Kini ia tercatat sebagai Guru Besar Sosiologi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Ia juga menjadi pengajar di Direktorat Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang.



Dilansir dari laman resmi Universitas Negeri Malang, awal kiprah Muhadjir Effendy dimulai saat menjadi reporter lepas di Koran Komunikasi IKIP Malang (sekarang Majalah Komunikasi Universitas Negeri Malang) berlanjut sebagai redaktur pelaksana hingga menjadi ketua redaksi di tahun 1990-an.

Dalam riwayat pekerjaannya, dia pernah menduduki posisi Pembantu Rektor I/Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dari 1996 hingga 2000. Kariernya di bidang akademik mencapai puncak ketika dipercaya sebagai Rektor UMM pada 2000.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)