4 Menteri Pertahanan Tersingkat Era Reformasi, Nomor Terakhir Tak Sampai Seminggu

Minggu, 28 Juli 2024 - 06:33 WIB
loading...
4 Menteri Pertahanan...
Empat Menteri Pertahanan (Menhan) tersingkat di Era Reformasi diulas dalam artikel ini. Foto/Dok SINDOnews dan Istimewa
A A A
JAKARTA - Empat Menteri Pertahanan (Menhan) tersingkat di Era Reformasi diulas dalam artikel ini. Nomor terakhir menjabat Menhan tak sampai seminggu.

Sekadar diketahui, Kementerian Pertahanan (Kemhan) merupakan unsur pelaksana pemerintah dipimpin oleh Menteri Pertahanan (Menhan) yang berkedudukan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden.

Kemhan memiliki tugas menyelenggarakan urusan di bidang pertahanan dalam pemerintahan untuk membantu presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara Era Reformasi dimulai sejak lengsernya Soeharto pada 21 Mei 1998.

Setelah Soeharto lengser, BJ Habibie yang sebelumnya menjabat wakil presiden, naik menjadi presiden. Sejak kepemimpinan BJ Habibie hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini, tercatat delapan tokoh menjabat Menhan.

Mereka adalah Wiranto, Juwono Sudarsono, Mahfud MD, Agum Gumelar, Matori Abdul Djalil, Purnomo Yusgiantoro, Ryamizard Ryacudu, dan Prabowo Subianto yang hingga kini masih menjabat Menhan.

Dari daftar tersebut, tercatat ada empat tokoh tersingkat menjabat Menhan. Siapa saja?

1. Wiranto

4 Menteri Pertahanan Tersingkat Era Reformasi, Nomor Terakhir Tak Sampai Seminggu


Pascalengsernya Soeharto dan BJ Habibie naik dari wapres menjadi presiden, Wiranto tetap dipercaya menjabat sebagai Menhankam/Pangab. Masa bakti kabinet Habibie yang diberi nama Kabinet Reformasi Pembangunan tersebut sejak 21 Mei 1998 sampai dengan 26 Oktober 1999.

Di era BJ Habibie, Wiranto menjabat Menhankam/Pangab sejak 23 Mei 1998. Lulusan Akademi Militer Nasional (AMN) 1968 itu menjabat Menhankam/Pangab selama 17 bulan atau sampai 20 Oktober 1999.

2. Juwono Sudarsono

4 Menteri Pertahanan Tersingkat Era Reformasi, Nomor Terakhir Tak Sampai Seminggu
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)