Dugaan Korupsi Tol MBZ, Eks Dirut JCC Djoko Dwijono Cs Sidang Vonis Hari Ini

Jum'at, 26 Juli 2024 - 10:48 WIB
loading...
Dugaan Korupsi Tol MBZ,...
Mantan Dirut JCC Djoko Dwijono bakal sidang vonis oleh majelis hakim tipikor PN Jakarta Pusat. Hal ini dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Tol MBZ. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Mantan Direktur Utama (Dirut) JCC Djoko Dwijono bakal sidang vonis oleh majelis hakim tipikor PN Jakarta Pusat. Hal ini dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Tol Mohammed Bin Zayed (MBZ) .

Pembacaan putusan itu akan digelar di PN Tipikor Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2024). Selain Djoko Dwijono, adapun pihak yang bakal divonis hari ini di antaranya Sofia Balfas, Tony Budianto Sihite, dan Yudhi Mahyudin.

Sebelumnya, eks Dirut Jasa Marga Jalan Layang Cikampek (JCC) Djoko Dwijono dituntut hukuman empat tahun penjara dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Tol MBZ.



Jaksa Penuntut Umum (JPU) menilai Djoko terbukti secara sah melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek yang dimaksud.

"Menuntut, menjatuhkan pidana terhadap Djoko Dwijono oleh karena itu dengan pidana penjara selama 4 tahun dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan dalam rumah tahanan negara," kata JPU di ruang sidang Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (10/7/2024).

JPU juga menuntut Majelis Hakim memberikan hukuman denda kepada terdakwa Djoko senilai Rp1 miliar.

"Menjatuhkan pidana denda terhadap terdakwa Djoko Dwijono sejumlah Rp1 miliar dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan," ujar JPU.

Sebelum pembacaan surat tuntutan, JPU juga membacakan hal-hal yang memberatkan dan meringankan terhadap tuntutan terdakwa. Yang memberatkan, JPU menyebutkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung pemerintah dalam rangka penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi dan pemberantasan tindak pidana korupsi. Sedangkan yang meringankan, terdakwa bersikap sopan selama persidangan.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)