Ketegangan Politik di Tingkat Elit dan Akar Rumput Harusnya Berakhir

Minggu, 14 Juli 2019 - 08:54 WIB
Ketegangan Politik di Tingkat Elit dan Akar Rumput Harusnya Berakhir
Ketegangan Politik di Tingkat Elit dan Akar Rumput Harusnya Berakhir
A A A
JAKARTA - Ketegangan di tingkat elit politik dan masyarakat akar rumput seharusnya dapat berakhir seusai pertemuan Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

Jokowi telah bertemu Prabowo di stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Keduanya dalam pertemuan itu pun kompak mengenakan kemeja putih.

"Adanya pertemuan ini, maka situasi tegang di tingkat elite sudah clear diharapkan para pendukung di tingkat akar rumput juga juga segera clear," ujar Pengamat politik dari Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi di Jakarta, Minggu (14/7/2019).

Dirinya juga berharap, pertemuan kedua tokoh tersebut dapat menjadi sinyal kuat dari elite kepada masyarakat bawah untuk bersatu, menjaga persatuan, dan secara bersama-sama berkontribusi pada pembangunan bangsa.

Selain itu, kata Burhanuddin, pertemuan Jokowi dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu menjadi wujud konkret pengakuan Prabowo kepada mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Pertemuan Pak Prabowo dan Pak Jokowi ini merupakan bentuk pengakuan yang nyata dan konkret dari Pak Prabowo kepada Pak Jokowi sebagai presiden terpilih, hasil pemilu presiden 2019," jelasnya. (Baca juga: Pertemuan Jokowi-Prabowo Tonggak Awal Kemajuan Bangsa)

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) pada 27 Juni 2019 telah memutuskan perkara hasil perselisihan Pemilu Presiden 2019 dan menolak seluruh gugatan pihak Prabowo-Sandi. Maka dari itu, KPU sebagai penyelenggara pemilu langsung menetapkan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada 30 Juni lalu.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5275 seconds (0.1#10.140)