Kapolri Beri Pesan ke Jajaran: Polri Harus Beradaptasi dengan Citizen Journalism

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:57 WIB
loading...
Kapolri Beri Pesan ke...
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat Rakorwas Kompolnas-Polri di Jakarta Utara, Rabu (17/7/2024). Kapolri mengimbau jajarannya beradaptasi dengan fenomena jurnalisme warga. Foto: SINDOnews/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau jajarannya dapat beradaptasi dengan fenomena citizen journalism atau jurnalisme warga. Era digitalisasi tidak bisa dihindari dengan diikuti penguatan pengamanan siber.

"Karena saya kira saat ini fenomena masyarakat menjadi bagian dari citizen journalism," ujar Sigit usai Rakorwas Kompolnas-Polri ‘Akselerasi Transformasi Digital Dalam Pengawasan Mewujudkan yang Profesional dan Mandiri’ di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Rabu (17/7/2024).



Menurut dia, perkembangan zaman tidak bisa dihindari, namun harus diikuti seiring penguatan pengamanan siber agar proses digitalisasi tidak berdampak buruk bagi instansi.

"Saya kira ini menjadi fenomena baru yang tentunya membuat Polri harus bisa beradaptasi dengan cepat," ucapnya.

Sigit sempat menyinggung soal penguatan pengamanan digital karena kondisi saat ini rentan serangan siber. "Kita menghadapi kondisi yang rentan terkait masalah serangan siber sehingga mau tidak mau kita harus mempersiapkan pengamanan di bidang serangan siber," kata Sigit.

Untuk mengantisipasi serangan siber, Polri telah menyusun sejumlah regulasi dalam upaya tranformasi digital dan pengamanan berlapis.

Regulasi itu seperti mengharuskan seluruh aplikasi hingga situs web Polri melewati sistem asesmen dari Komite TIK. Lalu, peningkatan infrastruktur pengamanan data internal seperti perangkat anti-DDOS (Distributed Denial of Service).

"Kita melakukan peningkatan infrastruktur pengamanan data mulai dari perangkat anti-DDOS dan tentunya beberapa sistem pengamanan lain," kata Sigit.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)