Beberkan Pengalaman, Mantan Kabareskrim Daftar Capim KPK

Rabu, 03 Juli 2019 - 14:42 WIB
Beberkan Pengalaman, Mantan Kabareskrim Daftar Capim KPK
Beberkan Pengalaman, Mantan Kabareskrim Daftar Capim KPK
A A A
JAKARTA - Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Komjen Pol Purn Anang Iskandar mendaftar sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu mengatakan pengalaman yang dimilikinya menjadi modal menjadi capim KPK.

“Karena memang saya punya kapasitas untuk itu. Saya berpengalaman baik di pendidikan, di akademis, dan itu pengalaman riil. Saya juga punya pengalaman menjadi penyidik, berpengalaman jadi atase penyidik korupsi, atase tindak pidana pencucian uang (TPPU). Ya pengalaman itu akan digigunakan untuk mengubah situasi menjadi lebih baik," kata Anang di Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), Jakarta, Rabu (03/07/2019).

Dengan pengalaman tersebut Anang berharap terpilih ssebagai capim KPK periode mendatang. Dia pun menyebut bahwa keinginannya mendaftar sebagai capim KPK berasal dari diri sendiri.

“Diri sendiri, dari dorongan teman-teman juga ada. Karena memang saya punya kapasitas untuk itu. Saya juga punya pengalaman, baik pengalaman pendidikan, pengalaman akademis, pengalaman riil itu saya punya. Sehingga kita terdorong untuk mendaftar. Harapannya ya jadi,” tuturnya.

Anang mengatakan tidak ada dorongan dari Mabes Polri untuk mendaftar sebagai capim KPK. “Tidak. Saya pensiunan polisi,” tandasnya.

Jika terpilih sebagai capim KPK, dia mengatakan akan menyeimbangkan pencegahan dan pemberantasan serta tindak pidana pencucian uang.

“Kita seimbangkan. Diseimbangkan itu tergantung situasinya. Tergantung hari nurani dan situasi masyarakat. Menyeimbangkan itu memang perlu pengalaman tidak sekadar berbicara tapi kita punya rasa. Seimbang itu berhubungan dengan rasa. Jadi enggak bisa secara hukum mana berapa persen juga enggak bisa,” tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7455 seconds (0.1#10.140)