Dulu Gedung-Gedung ini Terbakar saat Negara Mengusut Perkara Besar

Minggu, 23 Agustus 2020 - 22:52 WIB
loading...
A A A
Kebakaran yang melanda Gedung Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, Kamis (12/10) siang, telah menghanguskan ruang arsip, ruang kepala BPKP, dan ruang deputi khusus. Diduga berbagai dokumen penting di antaranya berkas kasus BLBI ikut hangus terbakar. Api yang muncul pada pukul 14.25 WIB itu berasal dari lantai III Gedung BPKP di Jalan Hayam Wuruk Nomor 7 Jakarta Pusat.

Akibat kebakaran tersebut, dikatakan, sejumlah data-data bank yang terkait dalam masalah BLBI diduga ikut terbakar. Selain data BLBI, di lantai itu tersimpan pula dokumen bank beku operasi (BBO), bank beku kegiatan usaha (BBKU), BUMN, BUMD, dan dokumen penting lainnya.

Kisah serupa juga terjadi di peristiwa terbakarnya gudang diKementerian ESDM, Jumat 19 September 2014. Di gudang itu tersimpan dokumen barang bukti kasus yang menyeret Menteri ESDMJero Wacik. Saat itu KPK tengah menyidik kasus pemerasan oleh Jero. Indikasi penyelewengan muncul setelah KPK menemukan adanya perintah Jero kepada Waryono Karno, sekretaris jenderal Kementerian ESDM untuk "memainkan" anggaran Dana Operasional Menteri.

Total kerugian negara akibat korupsi ini ditaksir mencapai 9,9 milyar. [ Jero akhirnya divonis delapan tahun penjara dan denda Rp300 juta subsidier enam bulan kurungan oleh MA pada tingkat kasasi. Ia juga diminta membayar uang pengganti sebesar Rp5,07 miliar.Hukuman bagi Jero itu naik dua kali lipat dari vonis di tingkat pertama. Sebelumnya, Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan vonis empat tahun penjara bagi Jero.
(rza)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)