4 Jenderal Polisi Daftar Capim-Dewas, Polri: Mereka Punya Pengalaman di KPK

Selasa, 16 Juli 2024 - 16:03 WIB
loading...
4 Jenderal Polisi Daftar...
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, empat Jenderal Polri mendaftarkan diri sebagai Capim dan Dewas memiliki pengalaman di KPK. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Empat Jenderal Polri mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan (capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keempat jenderal polisi tersebut diketahui memiliki pengalaman di lembaga antirasuah.

Keempat Jenderal Polri yang mendaftar Capim-Dewas KPK itu antara lain, Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Komjen Pol Setyo Budiyanto, Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Komjen R.Z. Panca Putra Simanjuntak.

Kemudian, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Djoko Poerwanto dan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Irjen Pol Didi Agung Wijanarko.



"Polri memberikan beberapa nama untuk dalam hal ini yang tentunya melalui seleksi dan memenuhi syarat. Ada empat nama (daftar Capim-Dewas KPK) dan ini merupakan bagian personel-personel terbaik di Polri," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Berdasarkan catatan redaksi, keempat Jenderal Polri itu memiliki pengalaman bertugas di KPK. Komjen Setyo Budiyanto tercatat pernah menjadi Direktur Penyidikan KPK pada medio 2020. Dia juga disebut pernah sebagai Koordinator Supervisi Kedeputian Penindakan KPK.



Selanjutnya, Komjen Pol R.Z. Panca Putra Simanjuntak, pernah menempati posisi Direktur Penyidikan KPK pada 2018 sampai 2020.

Lalu, Irjen Pol Djoko Poerwanto sempat ditugaskan sebagai penyidik KPK ketika berpangkat AKBP. Yang terakhir, Irjen Pol Didi Agung Wijanarko yang sampai saat ini personel Polri penugasan pada KPK sebagai Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)