Istana Beberkan Pengamanan Jokowi Pascapenembakan Donald Trump

Senin, 15 Juli 2024 - 07:55 WIB
loading...
Istana Beberkan Pengamanan...
Paspampres melakukan penjagaan terhadap Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump ditembak saat kampanye di Pennsylvania. Insiden itu membuat khawatir sejumlah pihak terhadap keselamatan Kepala Negara, termasuk di Indonesia.

Lantas bagaimana pengamanan Presiden Jokowi agar peristiwa tersebut tak terjadi di Indonesia?

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana memastikan keamanan Presiden Jokowi menjadi prioritas paling utama dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Keamanan Presiden senantiasa menjadi prioritas tertinggi dari Paspampres yang didukung penuh aparat keamanan lainnya,” kata Ari, Senin (15/7/2024).



Paspampres, selalu bertindak waspada dalam menjaga Jokowi. Namun, Paspampres memberikan ruang bagi Kepala Negara untuk tetap berinteraksi dengan masyarakat.

“Paspampres selalu bertindak waspada, dengan tetap memberikan ruang fleksibilitas bagi Presiden Jokowi untuk berinteraksi dengan rakyat, namun keamanannya terjaga,” ucapnya.



Seperti diketahui, pascapenembakan Donald Trump, Tim kampanye Trump mengatakan calon presiden (capres) Partai Republik itu baik-baik saja. Secret Service juga mengatakan Donald Trump aman.

Darah terlihat keluar dari telinga Trump setelah penembakan, namun dia dilarikan keluar panggung oleh para agen Secret Service.

“Secret Service telah menerapkan langkah-langkah perlindungan dan mantan Presiden aman. Ini sekarang merupakan penyelidikan aktif Secret Sevice dan informasi lebih lanjut akan dirilis jika tersedia,” bunyi pernyataan layanan tersebut, seperti dikutip AFP, Minggu, 14 Juli 2024.

Jaksa wilayah setempat, seperti dikutip Washington Post, mengatakan Trump diserang oleh tembakan dan penembaknya tewas. Orang lain dalam kampanye tersebut juga terluka parah.

Trump berterima kasih kepada penegak hukum dan petugas pertolongan pertama atas tindakan cepat mereka dalam tindakan keji ini, demikian pernyataan dari tim kampanyenya. “Dia baik-baik saja dan sedang diperiksa di fasilitas medis setempat. Rincian lebih lanjut akan menyusul,” kata tim kampanye Trump.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)