Pemberangkatan Jamaah Haji Maju Sehari, Kloter Pertama Terbang 6 Juli 2019

Selasa, 25 Juni 2019 - 17:28 WIB
Pemberangkatan Jamaah Haji Maju Sehari, Kloter Pertama Terbang 6 Juli 2019
Pemberangkatan Jamaah Haji Maju Sehari, Kloter Pertama Terbang 6 Juli 2019
A A A
JAKARTA - Keberangkatan jamaah haji tahun 2019 akan dimajukan satu hari dari jadwal semula. Kelompok terbang (kloter) pertama yang tadinya terbang ke Tanah Suci pada 7 Juli akan maju menjadi 6 Juli 2019.

"Seluruh jamaah haji kloter-kloter awal akan masuk ke asrama haji di masing-masing embarkasi pada 5 Juli dan keesokan harinya pada 6 Juli akan diberangkatkan ke Tanah Suci. Selanjutnya, secara berangsur-angsur beberapa kloter kemudian menyusul," kata Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin usai memberikan materi pembekalan petugas Media Center Haji (MCH) 1440 H/2019 M, di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Menurut Menag, perubahan jadwal pemberangkatan jamaah haji tidak mengganggu persiapan di Arab Saudi. Sebab seluruh akomodasi, mulai dari hotel, katering, dan transportasi di Mekkah dan Madinah telah selesai dipersiapkan. Saat ini yang menjadi fokus Kementerian Agama (Kemenag) adalah terkait dokumen-dokumen perjalanan jamaah haji, seperti paspor dan visa.

"Inilah yang sekarang sedang dilakukan sambil terus menunggu sebagian kecil jamaah yang belum melakukan pelunasan biaya haji meskipun kita sudah menyiapkan 5% dari total kuota yang ada sebagai cadangan," katanya.

Ketika nanti hingga batas waktunya ada calon jamaah haji yang tidak bisa melunasi biaya haji, kata Menag, maka akan digantikan oleh kuota cadangan.

Mendekati hari pemberangkatan ke Tanah Suci, Menag berpesan kepada jamaah haji untuk mempelajari manasik dengan sebaik-baiknya. Setiap tahapan ritual ibadah harus dikuasai betul karena haji memiliki rangkaian sangat panjang.

"Yang kedua, persiapkan fisik kita dengan sebaik-baiknya karena haji juga merupakan ibadah yang sangat membutuhkan ketahanan fisik kesehatan kebugaran jasmani. Kalau kita tidak sehat secara fisik, kita tidak bisa melaksanakan kewajiban-kewajiban dan sunah-sunah kita selama di Tanah Suci," katanya.

Sementara itu, Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat menambahkan, pihaknya telah mengkomunikasikan dengan kasie-kasie lain terkait perubahan jadwal pemberangkatan jamaah haji. Dia memastikan semua petugas sudah siap.

"Sehari setelah sampai di Madinah, langsung menyambut jamaah. Meskipun spare waktunya sedikit, petugas harus siap," kata Arsyad.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4118 seconds (0.1#10.140)