Letnan Jenderal TNI Berasal dari Kopassus, Ada Kasum TNI, Waka BIN hingga Pangkostrad

Rabu, 10 Juli 2024 - 06:35 WIB
loading...
A A A
Letnan Jenderal TNI Berasal dari Kopassus, Ada Kasum TNI, Waka BIN hingga Pangkostrad

3. Letjen TNI I Nyoman Cantiasa

I Nyoman Cantiasa merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat jebolan Kopassus yang kini berpangkat Letnan Jenderal TNI. Saat ini, dia menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN).

Lahir di Buleleng, Bali, 26 Juni 1967, I Nyoman Cantiasa merupakan jebolan Akmil 1990 dari kecabangan Infanteri Kopassus. I Nyoman Cantiasa merupakan lulusan terbaik dan peraih penghargaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama.

Sejumlah posisi penting lain juga pernah ditempati Cantiasa sebelum menjadi Waka BIN. Di antaranya Danjen Kopassus pada 2019-2020, kemudian Pangdam XVIII/Kasuari, Pangkogabwilhan III hingga Koorsahli KSAD.

Selama mengabdi di Korps Baret Merah Kopassus, Jenderal Bintang Tiga ini pernah diterjunkan dalam berbagai operasi antara lain, Operasi Seroja, Operasi Pembebasan Sandera Mapenduma, Pemberontakan di Aceh, Operasi Nemangkawi, Operasi Damai Cartenz, Operasi pembebasan sandera kapal MV Sinar Kudus, dan Operasi Konflik Ambon 2001.

Letnan Jenderal TNI Berasal dari Kopassus, Ada Kasum TNI, Waka BIN hingga Pangkostrad


4. Letjen TNI Eko Margiono

Eko Margiono juga merupakan perwira tinggi (Pati) berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI jebolan Kopassus. Saat ini, Eko Margiono menjabat sebagai Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Jenderal Kopassus kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 12 Mei 1967 ini juga sosok Jenderal TNI yang memiliki karier cemerlang. Jabatan penting yang pernah di embannya di antaranya, Gubernur Akmil, Danjen Kopassus, Pangdam Jaya, kemudian Pangkostrad, Kasum TNI, Dankodiklat sebelum akhirnya diangkat menjadi Wakil Gubernur Lemhannas.

Tidak hanya itu, abituren Akademi Militer (Akmil) 1989 dari kecabangan infanteri Kopassus ini kenyang dengan pengalaman di medan operasi di antaranya di Operasi Seroja di Timor-Timur (Timtim) sekarang Timor Leste, kemudian Operasi di Papua, dan Aceh. Termasuk penugasan ke sejumlah negara di Asia, Eropa, dan Amerika.

Tak heran jika Eko Margiono memiliki sejumlah brevet kehormatan di antaranya, Brevet Para Dasar, Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Kualifikasi Cakra Kostrad, dan Brevet Kualifikasi Pandu Udara (Pathfinder).

Letnan Jenderal TNI Berasal dari Kopassus, Ada Kasum TNI, Waka BIN hingga Pangkostrad


5. Letjen TNI Rudianto

Rudianto merupakan perwira tinggi jebolan Kopassus yang juga berpangkat Letnan Jenderal TNI. Saat ini, Pria kelahiran Kudus, Jawa Timur, 7 Maret 1967 silam ini menjabat sebagai Danjen Akademi TNI.

Abituren Akademi Militer (Akmil) 1989 dari kecabangan Infanteri Kopasssus. Selama mengabdi di militer, Rudianto pernah menduduki sejumlah posisi strategis di antaranya Dan Grup 1/Kopassus, Danrem 051/Wijayakarta, Pangdam IV/Diponegoro, kemudian Irjenad, Kepala BAIS TNI sebelum akhirnya diangkat menjadi Danjen Akademi TNI.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)