Letnan Jenderal TNI Berasal dari Kopassus, Ada Kasum TNI, Waka BIN hingga Pangkostrad

Rabu, 10 Juli 2024 - 06:35 WIB
loading...
Letnan Jenderal TNI...
Sejumlah perwira tinggi berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI yang berasal dari Kopassus saat ini menduduki beberapa posisi penting baik di dalam maupun di luar institusi militer. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI yang berasal dari Kopassus saat ini menduduki beberapa posisi penting baik di dalam maupun di luar institusi militer.

Mereka merupakan sosok pemimpin yang tidak hanya berprestasi dalam karier militernya tapi juga kenyang dengan pengalaman tempur saat masih mengabdi sebagai prajurit Korps Baret Merah.

Berdasarkan data yang dihimpun pada Rabu (10/7/2024), tercatat ada 9 Letjen TNI yang berasal dari Kopassus sebagai pasukan elite TNI AD tersebut. Mereka ada yang menjabat sebagai Staf Khusus KSAD, Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) hingga Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Ada juga yang menjabat sebagai Wakil Gubernur Lemhannas, Danjen Akademi TNI, Pangkogabwilhan III, hingga Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Siapa saja para Letjen TNI tersebut, berikut ini ulasannya:

Letnan Jenderal TNI Berasal dari Kopassus, Ada Kasum TNI, Waka BIN hingga Pangkostrad

1. Letjen TNI Bambang Ismawan

Bambang Ismawan merupakan jebolan Korps Baret Merah Kopassus yang kini menyandang pangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Saat ini, abituren Akmil 1988 dari kecabangan Infanteri Kopassus menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI sejak 16 Januari 2023.

Sebelum menjabat sebagai seorang Kasum, pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah pada 1 Agustus 1966 ini telah menjalani karier yang panjang dalam bidang militer. Di antaranya, Danyon 23 Grup 2 Kopassus, kemudian Danrem 012/Teuku Umar, Danrem 121/Alambhana Wanawai.

Kariernya semakin cemerlang, dia kemudian diangkat menjadi Pangdam XVI/Pattimura pada 2021, kemudian Dankodiklat TNI, sebelum akhirnya menjadi Kasum TNI.

Letnan Jenderal TNI Berasal dari Kopassus, Ada Kasum TNI, Waka BIN hingga Pangkostrad

2. Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon

Abituren Akademi Militer (Akmil) 1992 dari kecabangan Infanteri Kopassus ini yang kini berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Sekarang Richard menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Pria kelahiran Jakarta, 24 Mei 1969 ini menghabiskan sebagian besar hidupnya dihabiskan di pasukan khusus TNI AD. Richard tercatat pernah menjabat sebagai Pabandya Lid Sintel Kopassus, Danyon 11/Grup 1/Kopassus, Wadan Grup 2/Kopassus, Asintel Danjen Kopassus, Komandan Grup 2/Kopassus, dan Komandan Grup 3/Kopassus hingga Wadanjen Kopassus.

Selain itu, Richard juga pernah menduduki jabatan strategis sebagai Kaskogabwilhan I, kemudian menjadi Dankoopssus TNI memimpin pasukan elite dari tiga pasukan khusus TNI AD, AL, dan AU. Selanjutnya, Pangdam XVI/Pattimura, Irjenad hingga Pangkogabwilhan III.

Jenderal Kopassus ini juga kenyang dengan pengalaman tempur di medan operasi di antaranya, Operasi Damai Cartenz, Operasi Nemangkawi, Operasi Seroja, Operasi Mandago Raya dan sebagainya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0912 seconds (0.1#10.140)