Pembekalan Pengokohan dan Pembinaan Ideologi Pancasila pada Penerima Beasiswa LPDP Angkatan 234

Kamis, 04 Juli 2024 - 22:47 WIB
loading...
Pembekalan Pengokohan dan Pembinaan Ideologi Pancasila pada Penerima Beasiswa LPDP Angkatan 234
Wakil Kepala BPIP Rima Agristina memberikan pembekalan berupa Pengokohan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara kepada para Penerima Beasiswa LPDP Angkatan 234 di Jakarta, Rabu (3/7/2024). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina memberikan pembekalan berupa Pengokohan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara kepada para Penerima Beasiswa LPDP Angkatan 234 di Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Pembekalan yang diberikan Wakil Kepala BPIP mencakup sejumlah poin penting, termasuk hasil perjuangan dan kemerdekaan indonesia, upaya mewujudkan indonesia yang bahagia, pembangunan bangsa dan negara, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, peran pendidikan dan konsensus nasional, serta Pancasila sebagai ideologi negara.



"Kemerdekaan memberikan kita hak untuk tinggal di manapun di Indonesia. Mengabdi pada Indonesia berarti berusaha untuk mewujudkan Indonesia yang bahagia, merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Inilah tujuan pendidikan bangsa dan negara. Kita harus berjanji untuk melanjutkan semua yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu kita," ujar Rima.

Semangat ini terlihat dalam lagu Indonesia Raya yang diciptakan WR Supratman pada tahun 1928 mencerminkan tekad para pemuda untuk membangun Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

"Identitas kita sebagai bangsa adalah hal yang harus kita jaga. Banyak yang telah berjuang tanpa pamrih, bahkan dimakamkan di makam pahlawan tanpa nama," ungkapnya.

Pancasila sebagai landasan negara mengajarkan pentingnya kerukunan dan persatuan di tengah keberagaman serta menjadi panduan dalam mencapai tujuan nasional.

Pendidikan dianggap krusial untuk memajukan kehidupan bangsa dan mewujudkan keadilan sosial dengan musyawarah mufakat sebagai prinsip utama dalam proses pengambilan keputusan.

"Dasar negara kita adalah Pancasila, yang mengajarkan kerukunan, kebersamaan, dan persatuan dalam keberagaman. Pancasila menjadi panduan hidup berbangsa dan bernegara serta menekankan pentingnya musyawarah mufakat dalam pengambilan keputusan. Pendidikan adalah kunci mencerdaskan bangsa dengan tujuan mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Rima.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)
pixels