Redam Konflik Pasca-Pilpres, KNPI Siap Kumpulkan Tokoh Nasional

Rabu, 22 Mei 2019 - 22:44 WIB
Redam Konflik Pasca-Pilpres, KNPI Siap Kumpulkan Tokoh Nasional
Redam Konflik Pasca-Pilpres, KNPI Siap Kumpulkan Tokoh Nasional
A A A
JAKARTA - Komite Nasional Pemuda Indoensia (KNPI) siap mengumpulkan tokoh-tokoh nasional untuk melakukan rekonsiliasi nasional. Tujuannya demi meredam konflik yang terjadi pasca pengumuman hasil Pilpres dan Pileg 2019.

Ketua Umum KNPI, Haris Pertama mengatakan persatuan Indonesia sangat penting mengingat kondisi saat ini sudah sangat tidak kondusif. "Rekonsiliasi nasional harus segera dilakukan oleh tokoh-tokoh nasional. Kami KNPI siap memfasilitasi," kata Haris dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Rabu (22/5/2019).

Hal ini dilakukan agar kondisi bangsa ini kembali aman dan terkendali. KNPI juga meminta agar pihak keamanan untuk bersikap persuasif dalam menangani massa aksi. "Peran media juga sangat penting. Jangan menyiarkan berita secara berlebihan. Karena akan menganggu dan berefek kepada masyarakat," ujarnya.

Terkait rekonsiliasi nasional, KNPI akan terus mengobarkan semangat persatuan Indonesia. "Kami akan mengimbau kepada seluruh DPD untuk mengkampanyekan semangat persatuan Indonesia. Kita juga akan sampaikan ini sesegera mungkin ke para tokoh bangsa," tuturnya.

Mantan Ketua Umum KNPI yang juga mantan Menteri Pemuda dan Olaharga, Adiyaksa Dault menghargai betul sikap Haris Pertama yang bersedia menjadi fasilitator bertemunya para negarawan demi persatuan bangsa ke depan.

"Pilpres sudah selesai, elemen di bawahnya harusnya tetap bersatu. Dan saya hargai sikap KNPI bersama Haris yang punya pemikiran bahwa kita tetap dalam bingkai NKRI, Pancasila dan UUD 45," katanya.

Menurut Adiyaksa, sikap Haris ini patut ditiru kerena mengajak untuk bersatu kembali pasca Pilpres. Diharapkan setelah Pilpres ini bangsa Indonesia kembali bersatu, tidak terpecah belah.

"Pemuda harus bersatu. KNPI harus memikirkan ini agar bangsa Indonesia tetap survive. Tetap menjadi bangsa yang kuat dalam bingkai NKRI, karena NKRI bagi kami KNPI harga mati. Saya mendukung penuh rencana ini," tandasnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3735 seconds (0.1#10.140)