PDN Gangguan Diserang Ransomware, Menkominfo Targetkan Pemulihan Selesai Juli 2024

Kamis, 27 Juni 2024 - 18:12 WIB
loading...
PDN Gangguan Diserang Ransomware, Menkominfo Targetkan Pemulihan Selesai Juli 2024
Menkominfo Budi Arie Setiadi menyebut target pemulihan atau recovery layanan imbas adanya gangguan Pusat Data Nasional (PDN) akan diselesaikan pada akhir Juli 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebut target pemulihan atau recovery layanan imbas adanya gangguan Pusat Data Nasional (PDN) akan diselesaikan pada akhir Juli 2024.

Hal ini disampaikan Menkominfo dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang digelar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/6/2024). Rapat ini digelar dalam rangka ingin mendengar penjelasan perkembangan penanganan gangguan PDN.

Dalam paparannya, Budi menjelaskan terkait strategi pemulihan layanan jangka pendek yang dilakukan selama periode 20 Juni-30 Juli 2024. "Setelah kita melakukan koordinasi dan rapat-rapat maraton, kami sudah memutuskan to do list dari masing-masing Kementerian/lembaga dan tugasnya," katanya.



Langkah Pertama adalah respons cepat yang dilakukan oleh Kominfo, KSO PDNS, Kementerian/Lembaga dan daerah yang telah dilakukan pada Minggu ketiga Juni 2024.

Kedua, melakukan inventarisasi tenant terdampak yang dilakukan oleh Kominfo, KSO PDNS , Kementerian/lemaga dan daerah di akhir atau Minggu ketiga Juni. Kemudian, penetapan aset, dia memastikan sampai akhir Minggu ini sudah harus jelas. "Sirkulasi surat kewajiban backup. Jadi Kominfo, KSO PDNS dan Kementerian lembaga daerah sampai dengan Minggu keempat Bulan Juni," ujarnya.



Berikutnya, penyusunan strategi dan pedoman recovery layanan yang ditargetkan pada pekan ini bisa diselesaikan. "Nah forensik, Kominfo KSO PDNS dan Bareskrim diharapkan dalam Minggu pertama Juli sudah jelas," tuturnya.

Selanjutnya, penyusunan shortlist dan recovery layanan prioritas yang akan dilakukan Kominfo KSO PDNS Kementerian lembaga daerah itu diharapkan sampai akhir Juli bisa dilakukan pemulihan secara total.

"Pemulihan layanan yang memiliki backup, ini dilakukan oleh Kominfo, KSO PDNS, BSSN, Kementerian/lembaga/ daerah diharapkan akhir Juli sudah selesai," katanya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)
pixels