Pentingnya Pendidikan Lingkungan dalam Menghadapi Perubahan Iklim

Kamis, 27 Juni 2024 - 12:30 WIB
loading...
Pentingnya Pendidikan Lingkungan dalam Menghadapi Perubahan Iklim
Kegiatan konservasi Universitas Al Azhar di Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Perubahan iklim memicu terjadinya pemanasan global, banjir badang, dan kekeringan. Menyikapi persoalan tersebut pendidikan lingkungan terhadap masyarakat khususnya generasi muda dinilai sangat penting.

Pengamat Lingkungan dari Universitas Al Azhar, Indri R mengatakan Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah. Akan tetapi pengetahuan dan pemahaman mengenai ekosistem lingkungan masih sangat minim.



"Ironisnya Jakarta sebagai Ibu Kota yang memiliki pendidikan tinggi seringkali menjadi pelaku utama dalam kerusakan lingkungan, seperti halnya buang sampah sembarangan," ujar Indri dalam keterangannya, Kamis (27/6/2024).

Menurut Indri, perubahan iklim telah menjadi kenyataan yang dihadapi oleh seluruh umat manusia di dunia yang berdampak terhadap ekonomi global dan perubahan lingkungan yang semakin kompleks, pendidikan lingkungan bukanlah pilihan, tetapi keharusan.

"Memperkuat pendidikan dan mengintegrasikan inovasi teknologi, kemitraan strategis, advokasi, dan pengawasan yang ketat, Indonesia dapat menciptakan masyarakat yang tidak hanya makmur secara ekonomi tetapi juga menjaga keberlanjutan ekosistem alam secara keseluruhan," paparnya.

Sebab, tanpa pengetahuan dan pemahaman mengenai lingkungan maka generasi mendatang akan kesulitan untuk mengatasi dan menanggulangi dampak-dampak negatif dari perubahan iklim tersebut.

Menurut Indri, pendidikan lingkungan dapat diintegrasikan dengan pemecahan masalah ekonomi masyarakat. Ada tujuh hal yang harus dipertimbangkan dalam mengintegrasikan pemecahan masalah masyarakat dengan pendidikan lingkungan.

Pertama, melakukan monitoring dan evaluasi yakni memastikan bahwa target yang ditetapkan dapat tercapai. Kedua, kampanye informasi publik dan program penyuluhan secara konsisten sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya keseimbangan antara ekonomi dan lingkungan.

"Melakukan advokasi dan penegakan hukum untuk kebijakan lingkungan yang berkelanjutan tidak boleh diabaikan," katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)
pixels