Ma’ruf Amin Serahkan Sapi Kurban Jokowi ke Masjid Istiqlal

Senin, 17 Juni 2024 - 08:45 WIB
loading...
Ma’ruf Amin Serahkan Sapi Kurban Jokowi ke Masjid Istiqlal
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyerahkan sapi kurban milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga usai salat Iduladha 1445 H di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2024). Foto/Binti Mufarida
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyerahkan sapi kurban milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga usai salat Iduladha 1445 H di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2024). Selain itu, Wapres juga menyerahkan sapi miliknya untuk dikurbankan.

“Jadi tradisi setiap tahun, presiden, wakil presiden memberikan kurban di beberapa tempat dan utamanya di Masjid Istiqlal,” ujar Wapres dalam sambutannya.

Wapres mengatakan kurban di Masjid Istiqlal cukup banyak. Hal ini sesuai dengan sunah Nabi Ibrahim. Dia pun mengatakan bahwa kurban kali ini untuk kepentingan orang fakir dan miskin.





“Dan di Masjid Istiqlal, terus juga tiap tahun menyembelih kurban dan tahun ini cukup banyak, sekitar 50 sapi, kambing dan merupakan sunahnya Nabi Ibrahim supaya setiap tahun kita mengeluarkan karena kurban untuk kepentingan kepada orang fakir dan miskin,” ujarnya.

“Artinya kurban ini adalah dalam arti katanya itu sesuatu yang dijadikan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sesuatu yang membuat kita dekat kepada Allah, itu namanya kurban,” sambungnya.

Sebelumnya, Wapres melaksanakan ibadah salat id. Dari pantauan SINDOnews, Wapres bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin tiba di Masjid Istiqlal sekitar pukul 06.45 WIB.

Wapres tampak menggunakan pakaian bernuansa putih ditambah dengan jas hitam. Tidak lupa peci hitamnya yang tampak serasi dengan sarung yang dikenakannya. Sementara Wury menggunakan gamis berwarna putih.

Pelaksanaan salat dimulai pada pukul 07.00 WIB. Tampak hadir di dalam masjid sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat, serta para Duta Besar Negara Sahabat.

Pada penyelenggaraan Salat Iduladha 1445 H di Masjid Istiqlal kali ini bertindak sebagai imam, yaitu H. Martomo Malaing, SQ., MA. Sementara itu, sebagai khatib yaitu Prof. Dr. Amien Suyitno, M.Ag. Dalam khutbahnya kali ini bertema "Semangat Idul Adha, Hadirkan Cinta dan Kepedulian Sosial".
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0962 seconds (0.1#10.140)
pixels