Lawan Virus Corona, IAC-19 Terus Bergerak Salurkan Bantuan

Jum'at, 01 Mei 2020 - 16:37 WIB
loading...
Lawan Virus Corona, IAC-19 Terus Bergerak Salurkan Bantuan
Indonesia Against Covid-19 terus bergerak memberikan bantuan kepada masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus berjuang dalam melawan pandemi virus Corona (Covid-19). Jumlah pasien positif virus tersebut terus. Begitu juga jumlah korban meninggal.

Pemerintah menyatakan masih ada penularan virus Corona di masyarakat yang menyebabkan kasus Covid-19 di Indonesia masih tetap bertambah.

Menurut Anges Lourda Budhidarma selaku koordinator Indonesia Against Covid-19 (IAC- 19), timnya sudah banyak melakukan edukasi kepada masyarakat dalam bentuk penyebaran infografis dan video grafis.

Informasi yang disampaikan berbagai hal, seperti jaga jarak, pakai masker, tunda mudik, dirumah saja dan sebagainya. "Kita upayakan semaksimal mungkin agar penyebaran virus bisa melambat," tutur Lourda saat teleconference Kamis 30 April 2020 dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews.

Bahkan, kata Lourda, tim IAC-19 juga ikut memberikan bantuan dalam bentuk alat perlindungan diri (APD), masker, sarung tangan, face shield ke-sejumlah rumah sakit di Jabodetabek dan masyarakat di beberapa lokasi di Jakarta, dengan tujuan agar penyebaran virus Corona segera berhenti.

"Dana IAC-19 sangat terbatas sehingga pelaksanaannya masih di sekitar Jabodetabek, itupun tidak menyeluruh," lanjut Lourda.( )

Menurut Magdalena Hutagalung selaku Humas IAC-19, aksi sosial yang dilakukan oleh IAC-19, mulai dari tingkat rumah sakit sampai masyarakat paling bawah, sangat terstruktur dengan mekanisme yang jelas dan jangkauan yang luas.

Namun karena keterbatasan dana, dikhawatirkan beberapa kegiatan tidak bisa dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan.

"Kegiatan yang kita lakukan saat ini, sesuai dana yang ada saja," kata Magdalena.

Kendati demikian, komunitas-komunitas yang ada di dalam IAC-19 terus bergerak. Pada Rabu 29 April 2020, IAC-19 kembali mendapat dukungan dari komunitas Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jakarta berupa masker 33 boks, cap Nurse 100 pcs, Glove 150 pcs, Face Shield 250 pcs dan APD nonmedis 150 pcs.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)