Profil Risyapudin Nursin, Jenderal Polisi Bintang Dua yang Dilantik Jadi Dirjen Perhubungan Darat

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:29 WIB
loading...
Profil Risyapudin Nursin, Jenderal Polisi Bintang Dua yang Dilantik Jadi Dirjen Perhubungan Darat
Menhub Budi Karyadi Sumadi menyalami Irjen Pol Risyapudin Nursin usai dilantik menjadi Dirjen Perhubungan Darat di Ruang Mataram, Kementerian Perhubungan, Jakarta, 6 Juni 2024. FOTO/DOK.KEMENHUB
A A A
JAKARTA - Irjen Pol Risyapudin Nursin telah dilantik oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjadi Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat pada 6 Juni 2024. Risyapudin Nursin menggantikan Hendro Sugiatno.

Dilantiknya Irjen Pol Risyapudin Nursin berkaitan dengan promosi dan mutasi yang dilakukan Kemenhub. Langkah ini dilakukan dengan tujuan mencapai organisasi yang lebih efektif dan efisien, serta menjadi bukti berkembangnya suatu organisasi.

Selain Dirjen Hubdar, Budi Karya juga melantik sejumlah pejabat lain seperti Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, dan Pejabat Fungsional, di lingkungan Kementerian Perhubungan.


Profil Risyapudin Nursin

Risyapudin Nursin lahir pada 15 November 1966, di Jakarta. Ia mulai terjun di dunia kepolisian dimulai setelah lulus dari Akademi Kepolisian tahun 1989.

Awal karier Nursin di Polri tercatat pernah menduduki posisi Pamapta II Polres Bengkalis, Kaur Binops Lantas Polres Bengkalis, dan Kapolres Bengkalis.

Kemudian di 2009, dirinya dipindah tugaskan untuk menjabat sebagai Kabidpropam Polda Riau. Dua tahun berselang, Nursin sempat dipercaya untuk menjadi Dosen STIK Lemdikpol di 2011.

Pada 2014, Nursin sempat ditunjuk untuk mengisi posisi Analis Kebijakan Madya bidang Dikmas Korlantas Polri. Setahun setelahnya, ia kembali harus terkena mutasi yang membuatnya menjabat sebagai Dirlantas Polda Metro Jaya.

Setelah kurang lebih setahun bertugas di Polda Metro Jaya, Nursin mendapat panggilan untuk menjalankan tugas di wilayah Mabes Polri, dengan posisi Kabag Kuhanjardikbangspes Rokurlum Lemdikpol, Kabid Dikmas Korlantas Polri tahun 2016, dan Dirregident Korlantas Polri tahun 2017.

Nursin kembali harus bertugas di luar Jawa setelah ditugaskan menjadi Wakapolda Sulawesi Selatan di tahun 2018. Namun tak lama setelahnya dia kembali ditarik ke Mabes Polri untuk duduki posisi Karojianstra Sops Polri, masih di tahun 2018.

Pada tahun 2020, dirinya sempat menduduki dua posisi strategis yakni Kakorbinmas Baharkam Polri, dan Kapolda Maluku Utara. Pada tahun ini jugalah Nursin mendapatkan pangkat Irjen Polisi.

Setelah itu, dirinya dipercaya untuk menjabat sebagai Koorsahli Kapolri di tahun 2022, sebelum akhirnya dilantik menjadi Dirjen Hubdar Kemenhub di tahun 2024.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2357 seconds (0.1#10.140)
pixels