Prabowo Bertemu Menlu AS Blinken, Bahas Gencatan Senjata Permanen di Gaza

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:29 WIB
loading...
Prabowo Bertemu Menlu AS Blinken, Bahas Gencatan Senjata Permanen di Gaza
Menhan Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony John Blinken di Amman, Yordania, Selasa (11/6/2024). FOTO/DOK.KEMHAN
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony John Blinken di Amman, Yordania, Selasa (11/6/2024). Pertemuan keduanya usai Prabowo menjadi pembicara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tanggap darurat Gaza 'Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza'.

Prabowo mengatakan, Indonesia menyambut baik diadopsinya Resolusi DK PBB 2735 yang diusulkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dengan proposal tiga fase untuk gencatan senjata permanen di Gaza. Indonesia juga turut mengapresiasi upaya mediasi yang dilakukan Amerika Serikat, Mesir, dan Qatar.

"Indonesia siap bekerja sama dengan Amerika, Mesir, dan Qatar untuk memastikan perundingan tetap berjalan serta mewujudkan gencatan senjata permanen dan perdamaian yang adil dan abadi di Palestina. Gencatan senjata yang segera, penuh, dan menyeluruh sangat penting untuk menghidupkan kembali proses perdamaian," kata Prabowo dalam keterangan resminya, Rabu (12/6/2024).



Pada kesempatan yang sama, Prabowo kembali menyuarakan urgensi dukungan secara internasional sangat diperlukan untuk negara Palestina. Hal itu guna mewujudkan status kenegaraan dan pembangunan bangsanya, termasuk memperkuat pemerintahannya, memberikan bantuan untuk pemulihan, dan menuju keanggotaannya di PBB.

Blinken pada pertemuan bilateral dengan Prabowo juga mengungkapkan terima kasih berkat dukungan Indonesia akan proposal gencatan senjata. "Terima kasih kepada Menteri Pertahanan atas dukungan Indonesia terhadap usulan untuk segera mencapai gencatan senjata di Gaza dan menjamin pembebasan semua sandera," katanya ke Prabowo.

Di akhir pertemuan, Blinken kembali mengucapkan selamat kepada Prabowo atas kemenangan yang diraih sebagai Presiden RI terpilih periode 2024-2029. Ia menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat untuk melaksanakan Kemitraan Strategis Komprehensif AS-Indonesia.

(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)
pixels