Hoaks, Berita Seakan Ketum PBNU Memberi Dukungan ke Prabowo-Sandi

Senin, 08 April 2019 - 14:20 WIB
Hoaks, Berita Seakan Ketum PBNU Memberi Dukungan ke Prabowo-Sandi
Hoaks, Berita Seakan Ketum PBNU Memberi Dukungan ke Prabowo-Sandi
A A A
JAKARTA - Pesan Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj seakan-akan memberi dukungan paslon 02 Prabowo-Sandi beredar di berbagai grup WhatsApp. PBNU menegaskan, pesan tersebut 100% hoaks alias tidak benar.

Ketua PBNU bidang Hukum, HAM dan Perundang-Undangan, Robikin Emhas mengatakan, pesan tersebut didaur ulang. Ditulis lagi seakan berita baru. Video lama juga diviralkan kembali dengan narasi beraroma Pilpres 2019.

“Padahal isinya tentang peristiwa tanggal 16 Agustus 2018 ketika Pak Prabowo dan Pak Sandi silaturahmi ke PBNU. Sebelum menjadi capres dan cawapres. Bahkan ada berita dan video tahun 2014 yang direproduksi dan dipublikasikan sekarang seakan peristiwa terkini,” kata Robikin dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Senin (8/4/2019).

Menurut Robikin, penyebaran informasi menyesatkan tersebut sangat tidak terpuji dalam upaya meraih dukungan. Jauh dari akhlak yang diajarkan Islam.

“Sukses Pemilu adalah sukses bangsa Indonesia. Mari berpartisipasi wujudkan Pemilu yang bermartabat, berintegritas. Jangan gunakan hoaks, hate speech, dan fake news,” ujarnya.

Sebagai mandataris Muktamar, Ketum PBNU tidak boleh kampanye. Karena itu dalam beberapa kesempatan Kiai Said Aqil memilih mendoakan suksesnya Pemilu untuk Indonesia yang lebih baik.

Terkait Kiai Said yang mendoakan agar Jokowi dan KH Ma'ruf Amin memimpin Indonesia, menurut Robikin, hal itu dibenarkan. “Boleh dong. Bukannya berdoa merupakan ajaran Islam? Makanya Kiai Said Aqil mendoakan Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin,” tandasnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4102 seconds (0.1#10.140)