Gerindra Tunggu Keputusan Golkar untuk Usung Ridwan Kamil Maju di Pilgub Jabar atau Jakarta

Jum'at, 07 Juni 2024 - 19:19 WIB
loading...
Gerindra Tunggu Keputusan Golkar untuk Usung Ridwan Kamil Maju di Pilgub Jabar atau Jakarta
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Foto/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Partai Gerindra menunggu keputusan Partai Golkar untuk mengusung Ridwan Kamil (RK) maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta atau Jawa Barat (Jabar). Hal itu dilontarkan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad merespons sikap Golkar yang tengah menunggu keputusan RK akan diusung dalam Pilkada 2024.

Dasco menyebut, wacana RK maju di Pilgub Jakarta telah mencuat sebelum Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Bahkan, kata Dasco, Partai Golkar juga mendukung wacana RK untuk maju di Pilgub Jakarta. Atas dasar itu, kata Dasco, Gerindra turut mendukung RK bersama Golkar di Pilgub Jakarta.

"Sehingga kami masih berpedoman pembicaraan pada saat itu bahwa kami bersama-sama akan mendukung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur DKI," terang Dasco saat ditemui di kediaman Prabowo, Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).



Kendati demikian, kata Dasco, Partai Golkar mengevaluasi dukungan RK maju di Pilkada 2024. Ia menilai, hal itu merupakan dari dinamisnya politik. Meski begitu, Dasco menegaskan, Gerindra akan menunggu keputusa Golkar untuk mendukung RK.

"Tentunya Partai Gerindra atau pun partai lainnya juga akan menunggu hasil evaluasi tersebut, sebelum kemudian meng-fix-kan pencalonan yang akan dicalonkan secara bersama-sama di DKI," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut partainya telah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Soal posisinya Kang Emil itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Wakil Ketua DPR RI itu meyakini rekomendasi yang sama juga akan diberikan oleh Partai Golkar. Hal ini dikatakan saat disinggung soal rekomendasi ini berbeda dengan Golkar yang tengah memberikan tugas Ridwan Kamil untuk Pilkada Jawa Barat.

"Saya rasa bukan, bukan berbeda. Tetapi pasti akan sama, bahwa Ridwan Kamil akan direkomendasikan (Golkar) maju di DKI Jakarta," ujarnya.

Merespon itu, Ketua DPP Partai Golkar TB Ace Hasan Syadzily angkat bicara ihwal sikap Gerindra yang telah memberikan rekomendasi kepadaWakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil (RK) untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Saat ini, pihaknya masih menunggu keputusan partai.

Meski begitu, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat itu akan mengkaji secara mendalam terkait rekomendasi dukungan Gerinda kepada RK di Pilgub Jakarta.

"Kita menunggu keputusan partai, dan tentu atas berbagai pertimbangan ketum kami dan Tim Pilkada DPP Partai Golkar akan memikirkan atau mengkajinya secara mendalam terkait dengan rekomendasi tersebut," kata Ace di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)
pixels