alexametrics

MPR Minta Media Ikut Berperan untuk Tekan Angka Golput

loading...
MPR Minta Media Ikut Berperan untuk Tekan Angka Golput
Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah mengimbau pers, aktif mengajak masyarakat datang ke TPS dan tak golput di Pemilu 2019 melalui pemberitaan. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
LAMPUNG - MPR meminta media massa ikut berperan dalam menekan angka golput pada Pemilu 2019. Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah mengimbau pers, aktif mengajak masyarakat datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2019 melalui pemberitaan.

"Beritakan ajakan kepada masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak pilih yang dijamin UUD NRI 1945," kata Perempuan berjilbab yang akrab disapa Bu Titi itu dalam Press Gathering MPR bersama Koordinatoriat Wartawan Parlemen, di Lampung, Jumat (22/3/2019).

Dia mengatakan, Pemilu adalah sebuah kompetisi sesama putra-putri Indonesia. Maka itu, Pemilu diharapkannya berlangsung damai. Media pun dianggap berperan untuk menciptakan pemilu sebagai sebuah even demokrasi yang damai.



"Mari mencerdaskan kehidupan bangsa melalui tugas jurnalistik," kata Titi dalam kegiatan yang bertajuk Etika Politik dalam Pemilu 2019 itu.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Provinsi Lampung Irwan Sihar Marpaung menuturkan, media berperan dalam menjadikan even demokrasi semakin damai. Dia mengatakan bahwa tidak jarang ada keberpihakan media, terlebih yang sudah terafiliasi dengan partai politik.

Menurut dia, hal ini berimbas terjadinya bias informasi yang disampaikan kepada masyarakat. Mantan Komandan Korem 043/ Gatam itu mengingatkan bahwa media ibarat wasit, sehingga tidak boleh menjadi pemain.

"Saya berharap media netral. Sudah waktunya mengembalikan peran media terutama terapkan jurnalisme kebenaran, karena kondisi terjadi sekarang cukup mengkhawatirkan," ujar Irwan mewakili Gubernur Lampung Ridho Ficardo di kesempatan itu.

"Saya mengajak, mari bersama menyatukan tekad sehingga pemilu tertib aman lancar dan demokratis," pungkasnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak