BMKG Prakirakan Hujan Lebat Masih Berpotensi Terjadi di Sebagian Wilayah hingga 9 Juni

Senin, 03 Juni 2024 - 14:55 WIB
loading...
BMKG Prakirakan Hujan Lebat Masih Berpotensi Terjadi di Sebagian Wilayah hingga 9 Juni
BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Indonesia. Peristiwa ini berlangsung hingga 9 Juni 2024 mendatang.

“Potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada periode 3-9 Juni 2024 dapat terjadi di sebagian Sumatera, sebagian Jawa bagian barat, sebagian besar Kalimantan, sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, dan sebagian besar Papua,” ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik Andri Ramdhani dalam keterangan resminya, Senin (3/6/2024).



Sementara, dari data BMKG dalam 24 jam terakhir tercatat adanya intensitas hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah di Indonesia, yakni di wilayah Semarang (104.4 mm), Sambas (103.0 mm), Sarmi (94.0 mm), Ambon (69.9 mm), Toli-Toli (61.1 mm), Silangit (57.3 mm), dan Tanjung Pinang (50.8 mm).

Andri menyampaikan juga agar masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di daerah rawan bencana hidrometeorologi agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem meskipun sebagian besar wilayah Indonesia saat ini sudah memasuki musim kemarau.

“Dampak yang ditimbulkan dari cuaca ekstrem dapat meliputi banjir, banjir bandang, banjir lahar hujan, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang,” paparnya.



Andri pun meminta masyarakat untuk selalu memperbarui informasi melalui kanal resmi infoBMKG dan menghindari berita hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, guna memperoleh informasi cuaca yang lebih akurat dan informasi perubahan cuaca setiap saat dengan resolusi yang lebih tinggi di setiap kecamatan.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)
pixels