Kepala BPIP Kukuhkan Paskibraka 2023 Menjadi Duta Pancasila

Senin, 03 Juni 2024 - 07:38 WIB
loading...
Kepala BPIP Kukuhkan Paskibraka 2023 Menjadi Duta Pancasila
Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengukuhkan Paskibraka tingkat pusat 2023 menjadi Purnapaskibraka Duta Pancasila (PDP). Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat pusat 2023 menjadi Purnapaskibraka Duta Pancasila (PDP). Pengukuhan tersebut berlangsung di Kota Dumai, Riau, Sabtu malam, 1 Juni 2024.

Pengukuhan dilakukan setelah melaksanakan tugas pengibaran dan menurunkan Bendera Merah Putih pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni yang diselenggarakan di Lapangan Garuda PHR, Kota Dumai, Riau.

"Penetapan ini bermakna bahwa adik-adik wajib memegang teguh konsensus terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika" ujarnya, Senin (3/6/2024).



Yudian berharap PDP 2023 dari perwakilan setiap provinsi ini dapat menjadi teladan dalam mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Dalam laku hidup sehari-hari, adik-adik harus menanamkan nilai-nilai Pancasila, kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta Tanah Air serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa,” harapnya.



Yudian juga menekankan dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila harus berbagai bidang atau aspek dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Sebelum mengucapkan ikrar dan pembacaan keputusan penetapan sebagai Duta Pancasila, saya akan bertanya kepada adik-adik, Apakah adik-adik bersedia untuk melaksanakan tugas sebagai Duta Pancasila?" tanya Yudian.

Dengan lantang dan serentak, 78 Paskibraka yang sebelumnya bertugas pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78-pun menjawab siap sebagai Duta Pancasila. Dalam kesempatan tersebut, Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP Prakoso membacakan ikrar dan diikuti oleh seluruh Paskibraka.

Wakil Kepala BPIP Rima Agristina mengatakan Purnapaskibraka telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala BPIP Nomor 29 Tahun 2024. Rima berharap setelah ditetapkannya sebagai PDP 2024 diharapkan menjadi purnapaskibraka yang mencerminkan manusia-manusia istimewa di dalam masyarakat yang berkarakter Pancasila.

"Ya kita harapkan mereka memiliki tugas sebagaimana mestinya, memiliki norma dan perilaku yang baik dalam masyarakat", ujarnya.

Setelah itu, Rima mendampingi Kepala BPIP menyematkan pin dan sertifikat PDP diteruskan dengan memberikan selamat dan diikuti seluruh unsur pimpinan dan pejabat di lingkungan BPIP. Hadir juga seluruh pengurus Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI).
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)
pixels