Kontribusi Besar Para Relawan dalam Melawan Pandemi COVID-19

Kamis, 20 Agustus 2020 - 08:43 WIB
loading...
Kontribusi Besar Para Relawan dalam Melawan Pandemi COVID-19
Asisten Deputi Penanganan Pasca Bencana PMK, Nelwan Harahap mengatakan seluruh pihak dari berbagai sektor, baik relawan, pekerja, maupun petani sekalipun memiliki kontribusi yang sama dalam melawan COVID-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia. Jutaan orang sudah terpapar dan ratusan ribu orang telah gugur akibat penyakit ini. Semua pihak bahu-membahu menyelamatkan nyawa dan berusaha keluar dari masa pandemi ini.

Asisten Deputi Penanganan Pasca Bencana Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Nelwan Harahap mengatakan seluruh pihak dari berbagai sektor, baik relawan, pekerja, maupun petani sekalipun memiliki kontribusi yang sama dalam melawan COVID-19. (Baca juga: Netizen Iseng Jodohkan Gatot Nurmantyo-Titiek Soeharto)

“Hampir semua lini telah mempertaruhkan seluruh dedikasi dan kemampuan untuk sama-sama bertahan hidup. (semua) Bersama melawan COVID-19, tidak terkecuali petani kita di luar sana,” ujarnya dikutip dari keterangan pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (19/8/2020).

Hari Kemanusiaan Dunia pada 19 Agustus 2020 bisa menjadi momentum bagi seluruh masyarakat untuk bergotong royong melawan COVID-19. “Kita tidak lagi melihat sekat antara satu dengan yang lain. Tidak ada perbedaan antara pemerintah dan non-pemerintah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (NU) M.Ali Yusuf mengungkapkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan dalam menangani COVID-19, seperti Gerakan NU Peduli dan mengedukasi masyarakat. “Kami berkolaborasi dengan Humanitarian Forum Indonesia,” katanya.

Eksekutif Humanitarian Forum Indonesia (HFI), Surya Rahman mengatakan pihaknya telah mengerahkan sekitar 112.000 relawan untuk menangani COVID-19. Dalam bekerja, HFI telah menetapkan beberapa fase, seperti pemulihan. Ini hampir sama dengan fase kenormalan baru.

Meskipun berbeda istilah, intinya tetap sama, yakni membantu masyarakat. Ali Yusuf mengapresiasi relawan yang telah bersedia turun langsung menangani COVID-19. (Baca juga: Sebut Ada Ancaman, Sejumlah Purnawirawan TNI Temui Rizal Ramli)

“Relawan adalah garda terdepan dari apapun upaya yang sudah dilakukan. Kita harus mengapresiasi para relawan karena sebenarnya mereka adalah pahlawan,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)