Perkuat Literasi, Kemenag Luncurkan Program Webinar Zakat Wakaf Hub 2024

Rabu, 29 Mei 2024 - 17:15 WIB
loading...
Perkuat Literasi, Kemenag Luncurkan Program Webinar Zakat Wakaf Hub 2024
Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Waryono Abdul Ghafur. Foto/Kemenag
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf terus melakukan inovasi dalam rangka mewujudkan visi Kemenag tahun 2020-2024. Visi tersebut adalah membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas, dan unggul.

Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan menggelar program Webinar Zakat Wakaf Hub. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan indeks literasi zakat dan wakaf serta meningkatkan partisipasi masyarakat, memperkuat sinergi, dan kolaborasi dalam berzakat dan berwakaf.



“Tujuan dari kegiatan Webinar Zakat Wakaf Hub ini adalah untuk meningkatkan indeks literasi zakat dan wakaf nasional. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berzakat dan berwakaf, serta memperkuat kolaborasi dan sinergi antara berbagai program edukasi dan literasi zakat dan wakaf,” ujar Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Waryono Abdul Ghafur di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Salah satu sasaran strategis untuk meningkatkan layanan keagamaan adalah dengan mengoptimalkan pemanfaatan ekonomi keagamaan umat. Indikator kinerja dapat diukur melalui persentase dana sosial keagamaan yang mendukung layanan pendidikan dan keagamaan.

“Berdasarkan Roadmap Literasi Zakat dan Wakaf Nasional, terdapat 17 kelompok sasaran prioritas. Termasuk di dalamnya ulama, ASN, karyawan, investor, UMKM, akademisi, dan lainnya. Webinar ini akan menjadi platform untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam berzakat dan berwakaf,” papar Waryono.

Webinar Zakat Wakaf Hub terdiri dari beberapa sesi tematik yang bekerja sama dengan FOSSEI dan Forum MAZAWA. Webinar ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Desember
2024 dan dapat diakses melalui platform Zoom Meeting serta siaran langsung di kanal YouTube Bimas Islam TV dan Literasi Zakat Wakaf. Terdapat tiga program utama yang diluncurkan yakni:

1. HALO ZAWA (Harmonisasi, Konsolidasi, dan Optimalisasi Zakat Wakaf) Merupakan wadah edukasi dan literasi terkait regulasi dan kebijakan zakat dan wakaf, program-program Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, serta isu-isu strategis lainnya. Kegiatan akan diselenggarakan setiap dua minggu sekali pada hari Selasa pukul 10.00-12.00 WIB.

2. EKSPOS ZAWA
Kegiatan ini akan mengangkat program-program zakat dan wakaf dari berbagai stakeholder. Dengan tujuan untuk memperkenalkan dan mengkampanyekan program berbasis zakat dan wakaf kepada masyarakat. Kegiatan akan diselenggarakan setiap minggu pada hari Kamis pukul 10.00-11.30 WIB.

3. NGAJI ZAWA
Menjadi ruang pembelajaran bagi masyarakat tentang zakat dan wakaf, praktik pemberdayaan, serta perkembangan terkini melalui narasumber yang kompeten. Diselenggarakan setiap dua minggu sekali pada hari Rabu pukul 10.00-11.30 WIB.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)
pixels