Deretan 4 Alat Canggih yang Dimiliki Densus 88, Nomor 1 Mampu Sadap Pembicaraan Radius 3 Km

Selasa, 28 Mei 2024 - 17:36 WIB
loading...
Deretan 4 Alat Canggih yang Dimiliki Densus 88, Nomor 1 Mampu Sadap Pembicaraan Radius 3 Km
Densus 88 Antiteror Polri dalam menjalankan tugasnya dibekali dengan beberapa alat canggih, seperti korek penyadapan hingga senapan serbu. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Densus 88 dalam menjalankan tugasnya dibekali dengan beberapa alat canggih, seperti korek penyadapan hingga senapan serbu. Alat-alat ini akan mempermudah satuan khusus tersebut dalam memberantas aksi terorisme yang ada di Indonesia.

Detasemen Khusus (Densusu) 88 Anti Teror Polri merupakan satuan khusus yang memiliki kemampuan, keahlian serta berpengalaman dalam strategi dan taktik terhadap tindak pidana terorisme. Karena itulah setiap anggota dari mereka harus dibekali dengan berbagai peralatan yang mendukung perannya.

Karena itu jugalah Densus 88 ini memiliki beberapa alat yang diperuntukkan khusu untuk mereka dan tidak dimiliki oleh satuan lain di tubuh Polri. Berikut ini beberapa di antaranya:



4 Alat Canggih yang Dimiliki Densus 88

1. Korek Penyadap

Benda yang bentuknya seperti korek api ini merupakan salah satu alat canggih yang dimiliki satuan Densus 88 AT. Alat ini diklaim mampu mengetahui pembicaraan orang dalam radius 3 km persegi.

Dalam menjalankan pengintaian, Densus 88 sangatlah bergantung pada alat ini untuk mendeteksi dan mengetahui pembicaraan kelompok terduga teroris.

2. Steyr AUG

Steyr AUG adalah rangkaian senapan yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1977 oleh perusahaan senjata Austria Steyr Mannlicher. Keunggulan senapan ini adalah larasnya yang dapat diubah-ubah sesuai keperluan.

Senjata ini menyiapkan empat laras yang di antaranya, laras HBAR (Heavy Barrel) sepanjang 621 mm, digunakan untuk mengubah AUG menjadi senapan mesin ringan, laras compact 350 mm setara karabin, laras standar 508 mm setara M16, serta laras medium profile sepanjang 407 mm.

3. Armalite AR-10

AR-10 adalah senapan otomatis yang dirancangan oleh juru mesin asal AS, Eugene Stoner. Senjata ini adalah senapan otomatis beroperasi gas yang menembakan peluru berkaliber 7.62 x 51 mm NATO.

Armalite AR-10 dilengkapi sistem operasi gas, receiver aluminium, popor tetap, serta perabot fiberglass. Armalite AR-10 mudah dikontrol untuk penembakan otomatis sehingga memiliki tingkat akurasi tinggi. Selain itu, senapan ini akurat pada penembakan semi-otomatis.

4. Senapan Serbu Colt M4 5,56 Mm

Terakhir, ada senapan serbu Colt M4 5,56 Mm yang jadi senjata andalan Densus 88. Karabin M4, atau M4 Carbine, adalah versi pendek dan ringan dari senapan serbu M16.

Senapan ini mempunyai dua jenis, yaitu M4 dan M4A1. M4 dan M4A1 menggunakan peluru kaliber 5,56 x 45 mm NATO serta termasuk dalam senapan selective-fire. Senapan selective-fire menggunakan air cooled, sistem gas, magazen box, dan popor teleskopik. Senjata ini digunakan untuk melumpuhkan teroris.

Itulah beberapa alat canggih yang dimiliki Densus 88. Satuan tersebut pastinya akan membawa alat-alat ini baik ketika tengah melakukan pengintaian atau penyergapan.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)
pixels