SYL Minta Gaji Cucunya di Kementan Naik dari Rp4 Juta Jadi Rp10 Juta

Senin, 27 Mei 2024 - 16:46 WIB
loading...
SYL Minta Gaji Cucunya di Kementan Naik dari Rp4 Juta Jadi Rp10 Juta
Protokol dan Sekretariat Menteri Pertanian, Rininta Octarini menceritakan penambahan honor cucu SYL, Andi Tenri Bilang Radisyah yang naik dari Rp4 juta menjadi Rp10 juta. Foto/SINDOnews/Riyan Rizki
A A A
JAKARTA - Protokol dan Sekretariat Menteri Pertanian, Rininta Octarini kembali dihadirkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan kasus dugaan gratifikasi dan pemerasan dengan terdakwa mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) . Dalam persidangan, Rini menceritakan penambahan honor cucu SYL, Andi Tenri Bilang Radisyah yang naik dari Rp4 juta menjadi Rp10 juta.

Mulanya, Jaksa menanyakan jumlah uang negara yang digunakan untuk membayar honor cucu SYL, Andi Tenri Bilang saat menempati posisi sebagai Tenaga Ahli Sekjen Bidang Hukum di Kementan.



“Yang dibayarkan melalui negara itu apakah seluruhnya Rp10 juta atau hanya Rp4 jutanya sehingga bisa menjadi Rp10 (juta). Bagaimana? Bisa dijelaskan,” tanya jaksa di ruang sidang PN Jakpus, Senin (27/5/2024).

“Sepengetahuan saya yang dibayarkan langsung dari KPPN sekitar Rp4 juta, Rp6 jutanya dibayarkan langsung dari biro umum ditransfer ke Bibi,” ujar Rini.

“Baik, bukti transfer disampaikan melalui saksi ya yang tambahan dari Rp6 juta menjadi Rp10 juta itu?” tanya Jaksa.

“Iya betul,” timpal Rini.

Kemudian, Rini menuturkan permintaan penambahan upah untuk cucu SYL yang naik Rp6 juta itu disampaikan langsung oleh SYL melalui ajudannya Panji Hartanto.

"Pimpinan yang dimaksud minta naik dari Rp4 juta ke Rp10 juta itu Biro Hukum atau saksi mendengar langsung siapa itu pimpinan maksudnya yang, apakah membawa nama Pak Menteri yang minta waktu itu?" tanya jaksa.

"Seingat saya waktu itu Mas Panji menyampaikan ada permintaan Pak Menteri bahwa ada kekurangan honor dari Bibi," jawab Rini.

"Itulah yang dari Rp4 juta akhirnya menjadi Rp10 juta tiap bulan itu?" tanya Jaksa.

"Iya betul," jawab Rini.

Jaksa pun memastikan kepada saksi apakah benar kenaikan gaji untuk Andi Tenri langsung merupakan perintah dari SYL. Rini kemudian membenarkan pernyataan itu.

“Panji ceritanya Pak Menteri yang meminta naik honor itu?” tanya Jaksa.

“Iya betul,” jelasnya.

Sebelumnya, Protokol Menteri Pertanian Rininta Octarini hadir sebagai saksi dalam sidang lanjutan perkara gratifikasi dan pemerasan dengan terdakwa mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu 22 Mei 2024.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7325 seconds (0.1#10.140)
pixels