Pemberdayaan Berbasis Masjid, Masyarakat Diharapkan Mandiri dan Sejahtera

Jum'at, 24 Mei 2024 - 14:09 WIB
loading...
Pemberdayaan Berbasis Masjid, Masyarakat Diharapkan Mandiri dan Sejahtera
Pemberdayaan berbasis masjid dinilai perlu dilakukan untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Hal ini pun dilakukan lewat Program Masjid BSI Empowerment. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemberdayaan berbasis masjid dinilai perlu dilakukan untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera. Hal ini pun dilakukan lewat Program Masjid BSI Empowerment.

Program ini dirancang untuk mendorong kemandirian masjid dan meningkatkan kesejahteraan kelompok mustahik melalui pemberdayaan berbasis masjid.

Salah satu kisah sukses dari program ini adalah pendampingan kepada unit usaha rumah sangrai kopi lokal di lingkungan Masjid Al Muhajirin, yaitu Alive Beans.

"Sejak dibantu dan didampingi oleh BSI Maslahat melalui program sertifikasi halal, kami memiliki rumah sangrai mandiri beserta mesinnya. Kami juga mendapatkan pendampingan dari sisi produksi dan pemasaran sehingga omzet kami meningkat," ujar Alive, Jumat (24/5/2024).



"Pihaknya menjadi lebih percaya diri dalam memasarkan produk-produk yang dihasilkan dari rumah sangrai. Selain itu, dalam upaya untuk terus berkembang, kami bisa memberikan kontribusi kepada masjid," tambahnya.

Sertifikasi halal juga menjadi suatu jaminan bahwa produk yang dijual atau dihasilkan oleh produsen telah memenuhi standarisasi halal yang diakui. Hal ini juga penting bagi konsumen muslim yang ingin memastikan bahwa makanan atau produk yang mereka gunakan telah sesuai dengan aturan agama yang mereka anut.

Muhajirin Halal Center juga turut membantu para UMKM sekitar masjid bahkan membuka kesempatan untuk pelaku UMKM di wilayah Kota Bekasi yang ingin mengurus dan mendapatkan sertifikasi halal untuk produknya.

"Sampai dengan hari ini, ada sekitar 120 pelaku UMKM yang sudah mendaftarkan sertifikasi halal di Muhajirin Halal Center, dengan jumlah yang sertifikatnya sudah terbit ada 80 UMKM," ujar Salman, sekretaris Yayasan Al-Muhajirin yang juga menjadi pendamping UMKM dalam program sertifikasi halal masjid BSI empowerment.

Masjid, sebagai pusat pemberdayaan ekosistem muslim, memainkan peran krusial dalam aspek kesejahteraan dan edukasi Islam yang berkaitan dengan kemaslahatan.

"Program Masjid BSI Empowerment ini membuktikan bahwa dengan dukungan dan pendampingan yang tepat, usaha-usaha lokal dapat berkembang dan memberikan kontribusi signifikan bagi komunitasnya," tutupnya.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)
pixels