Pesan Wapres terkait Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Kamis, 21 Desember 2023 - 07:13 WIB
loading...
Pesan Wapres terkait Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
Wapres KH Maruf Amin dalam Anugerah Proper 2023, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (20/12/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Masalah lingkungan dan pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu perhatian dari Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin. Hal ini dikemukakan Wapres dalam sambutannya saat menyerahkan Anugerah Proper 2023, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) dipandang menjadi platform bagi perusahaan untuk ikut ambil bagian dalam pembangunan berkelanjutan tersebut, terutama untuk mencegah kerusakan lingkungan dan pencemaran akibat aktivitas industri yang dilakukan.

"Proper sepatutnya menjadi kompas yang mampu memandu praktik bisnis berkelanjutan dengan mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau, bahkan mendorong capaian yang melebihi ketaatan industri terhadap peraturan lingkungan hidup," kata Wapres dalam keterangannya.

Lebih lanjut Wapres menguraikan poin-poin yang perlu menjadi perhatian para pemangku kepentingan. Pertama, ia meminta kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan agar terus ditingkatkan.

"Perlu menjadi perhatian bahwa mayoritas peserta tahun ini berada di level Biru. Di tahun berikutnya, saya harapkan persentase perusahaan akan mendominasi di kategori Hijau dan Emas," ucap Wapres.

Begitu pula tambahnya, perusahaan yang masih berada di level Hitam dan Merah diharapkan segera mengakselerasi tata kelola perusahaan sekaligus memenuhi standar lingkungan yang ditetapkan pemerintah.

Kedua, Wapres mengingatkan efisiensi pengelolaan lingkungan perlu dibarengi dengan semangat pemberdayaan masyarakat. Ia menuturkan, Proper tahun ini telah mendorong efisiensi anggaran dalam pengelolaan lingkungan hingga lebih dari 158 triliun Rupiah atau sekitar 23 persen lebih hemat dari tahun sebelumnya.

Dari sisi pemberdayaan masyarakat, sambung Wapres, tercatat dana yang digulirkan perusahaan mencapai 1,56 triliun Rupiah. Selain itu, terdapat lebih dari 20 ribu kegiatan yang menjawab Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan total dana sekitar 57 triliun Rupiah, naik hampir 24 persen sejak pertama kali Proper diluncurkan pada 2018.

Dalam kegiatan ini, Wapres menyerahkan secara langsung penghargaan Anugerah Lingkungan Proper Tahun 2023 kepada 79 perusahaan peringkat Proper Emas di Hotel Bidakara. Selain Wapres, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK), Alue Dohong ikut mendampingi memberikan ucapan selamat kepada perusahaan yang telah secara konsisten menunjukkan keunggulan lingkungan dalam proses produksi dan jasa, serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Proper ini merupakan program yang dimulai sejak 27 tahun yang lalu dan terus melakukan perbaikan dan pada tahun 2023 ini memperoleh penghargaan Top 5 Outstanding Achievement of Public Service Innovation Award tahun 2023 dari Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)