Empat Faktor Pendongkrak Elektabilitas Capres-Cawapres

Jum'at, 22 Februari 2019 - 18:06 WIB
Empat Faktor Pendongkrak Elektabilitas Capres-Cawapres
Empat Faktor Pendongkrak Elektabilitas Capres-Cawapres
A A A
JAKARTA - Analisis politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyebut, ada 4 faktor yang bisa mendongkrak elektabilitas capres maupun cawapres dalam pilpres 2019.

Pangi mengatakan, faktor yang pertama yakni isu yang dimainkan kedua paslon capres-cawapres maupun tim suksesnya. Menurutnya isu ini penting untuk mengetahui sejauh mana masing-masing paslon mampu bermain pada wilayah emosi publik.

Lalu kedua, bagi petahana bagaimana mampu mensosialisasikan keberhasilannya, sehingga publik mengetahui dan puas apa yang dikerjakan selama ini.

"Bagi sang penantang adalah bagaimana memainkan sentimen dan emosi publik soal apa yang menjadi kegelisahan, kekhawatiran dan ketakutan masyarakat dengan terus membangun optimisme dan membangkitkan animo kepercayaan publik tentang harapan baru," ujar Pangi saat dihubungi SINDOnews, Jumat (22/2/2019).

Untuk yang ketiga, kata Pangi, yakni memaksimalkan gempuran dan serangan yang dilancarkan via udara, darat dan laut.

"Dengan menguasai medsos, relawan dan tim sukses, mobile campaign, terus menyapa dan menyalami, dan bertemu secara langsung (face to face) dengan masyarakat," jelasnya.

(Baca juga: Dua Bulan Jelang Pemilihan, KPU Berusaha Rampungkan DPTb)

Keempat lanjut Pangi, dengan mengerakkan terus mesin parpol pendukung kedua paslon sehingga efektif untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat. Dukungan tersebut dapat berupa testimoni dari elite dan tokoh berpengaruh.

Selain itu testimoni dari rakyat kelas bawah dan masyarakat kelas atas terkait jam terbang dan kemahiran paslon secara langsung, juga penting untuk mengerakkan dan memobilisasi masyarakat.

"Oleh karena itu, personal branding diri yang sesuai dengan selera publik lalu harus pintar pintar membaca trend dan pergeseran perilaku pemilih, penetrasi dan zonasi wilayah basis lawan politik namun tetap menjaga gate keepers ingatkan," tutupnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7852 seconds (0.1#10.140)