Presiden Jokowi Pimpin Pertemuan Tingkat Tinggi World Water Forum ke-10 Hari Ini

Senin, 20 Mei 2024 - 08:04 WIB
loading...
Presiden Jokowi Pimpin Pertemuan Tingkat Tinggi World Water Forum ke-10 Hari Ini
Presiden Jokowi akan memimpin pertemuan tingkat tinggi WWF ke-10 di Bali. Foto/MPI/raka dwi novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menghadiri World Water Forum (WWF) ke-10. Forum air terbesar sedunia ini akan dibuka dengan pertemuan tingkat kepala negara di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua.

Presiden Jokowi terlebih dahulu melakukan penyambutan para kepala negara yang hadir sekitar pukul 08.30 WITA. Selanjutnya mereka bersama-sama mengikuti Opening Ceremony di Mangapura Hall BICC pukul 08.55 WITA.

Kemudian di Nusantara Hall BICC pada pukul 09.45 WITA, Presiden Jokowi memulai pertemuan terkait persoalan air dan sanitasi global. Tercatat para pemimpin dunia yang akan hadir di High Level Meeting (HLM) tersebut di antaranya Perdana Menteri (PM) Tajikistan Qohir Rasulzoda



Kemudian, Presiden Sri langka Ranil Wickremesinghe, Presiden Fiji Ratu Wiliame Maivalili Katonivere. Wakil Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Haji Fadillah Bin Haji Yusof, dan Wakil Perdana Menteri Papua Nugini John Rosso.

Pertemuan juga akan diikuti oleh Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon, Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Dennis Francis, mantan Presiden Hungaria Janos Ader, utusan khusus Prancis Barbara Pompili, dan utusan khusus Belanda Meike van Ginneken.



Pada pukul 13.00 WITA, akan dilakukan Opening Fair and Expo World Water Forum ke-10. Selanjutnya pukul 13.50 WITA Parliamentary Meeting akan digelar di Pecatu 3 dan 5, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Pertemuan ini akan dihadiri Puan Maharani dalam kapasitasnya sebagai Ketua Inter-Parliamentary Union (IPU).

Usai pertemuan-pertemuan tersebut para kepala negara, delegasi dan peserta World Water Forum akan berkunjung ke kawasan mangrove Taman Hutan Raya (Tahura) I Gusti Ngurah Rai pukul 15.30 WITA.

Rangkaian hari ketiga akan ditutup dengan Cultural Parade di Bali Collection pukul 16.30 WITA.

Sebelumnya, bertempat di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Minggu 19 Mei 2024, para pemimpin dan delegasi World Water Forum ke-10 dijamu gelaran welcoming dinner.

Pada acara tersebut nuansa yang tersaji sangat kental dengan budaya khas Indonesia mulai dari pakaian yang dikenakan kepala negara dan undangan, penampilan seni musik dan tari, hingga menu makan malam.

(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)
pixels