alexametrics

Komisi Pemilihan Umum Siap Menghadapi Setiap Serangan

loading...
Komisi Pemilihan Umum Siap Menghadapi Setiap Serangan
Komisi Pemilihan Umum Siap Menghadapi Setiap Serangan
A+ A-
Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak awal tahapan pemilu kerap kali menjadi sasaran tembak sejumlah pihak yang merasa tidak puas atau sengaja ingin mengacaukan. Mulai berita hoaks hingga ada tuduhan KPU berpihak dan sebagainya. Sebagai lembaga penyelenggara pesta demokrasi lima tahunan ini, bagaimana KPU menyikapinya? Berikut wawancara KORAN SINDO dengan Ketua KPU Arief Budiman.

KPU kerap kali jadi sasaran hoaks dan tuduhan tidak netral. Terakhir isu soal tujuh kontainer surat suara tercoblos dan ternyata itu bohong. Bagaimana tanggapan Anda?

Sejak awal tahapan berjalan sampai menetapkan pasangan calon, KPU merasa ini kompetisinya sangat ketat. Kami terpaksa harus mengkritik pemerintah dan DPR karena undang-undangnya terlambat ditetapkan. Ini konstruksi besar yang harus kita pahami.



Ketika saya menjadi anggota KPU periode sebelumnya, undang-undangnya ditetapkan dua bulan sebelumnya. Masih banyak waktu. Sekarang ini tidak, undang-undangnya ditetapkan satu hari sebelum pelaksanaan tahapannya dimulai.

Saat itu kami sudah merasa rumit. Ketika menetapkan peserta pemilu, keluar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di tengah-tengah proses verifikasi parpol. Itu rumit luar biasa.

Kerumitan apa yang dimaksud?

Setelah penetapan peserta pemilu, dilakukan penyusunan daftar pemilih. KPU diberi informasi ada 25 juta data pemilih ganda. Kami kemudian cek bersama-sama, ternyata angkanya tidak sebesar itu. Bahkan mungkin hanya sekitar 5% dari data yang diserahkan.

Selesai itu muncul lagi polemik 31 juta data siluman. Oke, ayo kita duduk bareng dan selesaikan. Hasilnya, 31 juta itu ternyata bukan data siluman, tapi data verifikasi yang dilakukan tim Kemendagri terhadap DPT yang telah ditetapkan pada tahap pertama, 5 September.

Begitu seterusnya sampai isu logistik. Katanya, ada tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos. Parahnya lagi, tertulis satu kontainer yang sudah dibuka, disita oleh KPU. Untuk yang ini saya bilang bukan hoaks, tapi tuduhan karena tanpa data. Malam itu juga kami bergerak.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak