alexametrics

Soal Kisi-kisi Debat Capres, Ketua KPU: Biar Paslon Tidak Dipermalukan

loading...
Soal Kisi-kisi Debat Capres, Ketua KPU: Biar Paslon Tidak Dipermalukan
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman angkat bicara terkait informasi yang ramai beredar soal kisi-kisi debat yang diberikan kepada kedua pasangan capres-cawapres. Arief menganggap informasi itu telah menyudutkan KPU selaku penyelenggara debat.

Menurut Arief, masalah kisi-kisi ini tidak hanya menyudutkan pasangan calon 01 dan 02, tetapi lembagalah yang paling banyak disudutkan. (Baca juga: Soal Kisi-kisi Debat Capres-Cawapres 2019, KH Ma'ruf Merasa Dimudahkan)

"Kami mengambil keputusan itu karena kami juga menerima masukan dari masing masing paslon," ujar Arief seusai rapat persiapan debat pertama, di kantornya, Senin (7/1/2019).



Arief mengatakan, dasar lembaganya memberikan kisi-kisi debat atas dasar asumsi agar masing-masing paslon tidak ada yang dipermalukan atau diserang dengan pertanyaan-pertanyaan teknis. (Baca juga: Soal Kisi-kisi Debat Capres, Kubu Prabowo: Ya Sudah Kita Nikmati Saja)

Selain itu, kata Arief, lembaganya ingin menjaga martabat masing-masing paslon dengan cara menghindari pertanyaan teknis yang sifatnya menjatuhkan paslon. Ia menegaskan, tujuan debat adalah menyampaikan visi-misi dan program yang ditawarkan kedua paslon jika terpilih.

"Kalau itu tidak tersampaikan dengan baik, tujuan utama kampanye tidak tercapai. Tetapi kami juga memahami, tetap akan diuji kompetensinya, kapabilitasnya," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak