alexametrics

Bantuan untuk Pengungsi Muslim Uighur Siap Didistribusikan

loading...
Bantuan untuk Pengungsi Muslim Uighur Siap Didistribusikan
Berbagai upaya tengah ditempuh sejumlah elemen masyarakat untuk membantu etnis minoritas Muslim Uighur yang tengah mengalami tekanan dari rezim China. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Berbagai upaya tengah ditempuh sejumlah elemen masyarakat Indonesia untuk membantu etnis minoritas Muslim Uighur yang tengah mengalami tekanan dari rezim China. Salah satunya melalui aksi simpati hingga distribusi bantuan.

Hal itu seperti dilakukan Rumah Zakat yang akan mendistribusikan bantuan bagi pengungsi Uighur di Turki, Uzbekistan hingga China. Para relawan Rumah Zakat kini tengah mempersiapkan persyaratan administratif untuk berangkat ke lapangan.

"Kami akan mendistribusikan bantuan bagi pengungsi Uighur di Turki, Cina dan Uzbekistan. Saat ini, tim kemanusiaan Rumah Zakat sedang mengurus visa keberangkatan ke sana," ungkap Chief of Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda dalam keterangan resminya, Minggu (23/12/2018).



Untuk menggalang kepedulian masyarakat Indonesia, Rumah Zakat melakukan aksi simpatik dan doa bersama untuk Muslim Uighur yang diselenggarakan serentak di 8 kota pada hari Jumat (21/12) pekan lalu. Murni Alit mengatakan, aksi simpatik tersebut dimaksudkan sebagai bentuk dukungan riil sembari terus melakukan langkah-langkah konkrit lainnya.

"Rumah Zakat mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membantu menyuarakan hak-hak warga Muslim Uighur kepada dunia dengan cara-cara yang mungkin dilakukan," kata Murni.

Selain ajakan kepedulian kepada masyarakat tertindas dan distribusi bantuan ke daerah-daerah pengungsian, Rumah Zakat juga akan berupaya lebih jauh dengan melakukan pendekatan diplomasi dan dukungan politis.

"Dalam rangka itu Rumah Zakat bersama Indonesian Humanitarian Aid (IHA) rencananya akan bertemu Kementerian Luar Negeri pada Rabu 26 Desember 2018," ucap Murni.
(maf)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak