Apa Saja Tugas Kopasgat? Pasukan Elite TNI AU yang Baretnya Terinspirasi dari Cahaya Jingga

Selasa, 23 April 2024 - 18:36 WIB
loading...
Apa Saja Tugas Kopasgat? Pasukan Elite TNI AU yang Baretnya Terinspirasi dari Cahaya Jingga
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) memiliki pasukan elite yang disegani oleh dunia yang dikenal dengan Korps Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Foto/Pemkot Bandung
A A A
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) memiliki pasukan elite yang disegani oleh dunia yang dikenal dengan Korps Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) . Pengakuan itu disampaikan langsung oleh Panglima NATO bahwa Kopasgat patut diwaspadai.

Kopasgat dalam sejarahnya pernah berganti nama dari Korps Pasukan Khas (Kopaskhas) TNI AU pada Januari 2022 lalu. Perubahan nama satuan elite TNI AU ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa Nomor Kep/66/I/2022.



Lantas apa saja tugas pasukan Khas TNI AU yang awalnya dinamai Komando Pasukan Gerak Tjepat (Kopasgat) yang ditetapkan pada 17 Oktober 1947 tersebut? Kopasgat merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, dan darat.

Setiap prajurit Kopasgat minimal harus memiliki kualifikasi parakomando (Parako) untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, kemudian ditambahkan kemampuan khusus kematraudaraan sesuai dengan spesialisasinya.

Kopasgat sebagai pasukan pemukul siap diterjunkan di segala medan baik hutan, kota, rawa, sungai, maupun laut untuk menumpas semua musuh yang melawan NKRI.

Kopasgat mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh pasukan khusus lainnya yaitu, Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan (OP3UD) yaitu merebut dan mempertahankan pangkalan dan untuk selanjutnya menyiapkan pendaratan pesawat dan penerjunan pasukan kawan.

Selain itu, Kopasgat bertugas membina kekuatan dan kemampuan satuan. Kopasgat sebagai pasukan matra udara selalu siap operasional dalam melaksanakan segala misi operasi militer perang maupun non militer selain perang, perebutan sasaran, pertahanan objek strategis Angkatan Udara, pertahanan udara, operasi khusus dan khas matra udara dalam operasi militer atas kebijakan Panglima TNI.

Sederet Prestasi

Dibekali dengan kemampuan komplet, Pasgat muncul menjadi satuan elite yang tangguh. Pasgat dengan baret jingganya menjadi andalan dalam sejumlah operasi khusus. Kehebatan dan ketangguhan prajurit Baret Jingga dalam menyelesaikan tugas tak perlu diragukan lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)