KPU Buka Opsi Debat Capres di Luar Jakarta, Begini Respons Kubu Jokowi

Selasa, 27 November 2018 - 14:26 WIB
KPU Buka Opsi Debat Capres di Luar Jakarta, Begini Respons Kubu Jokowi
KPU Buka Opsi Debat Capres di Luar Jakarta, Begini Respons Kubu Jokowi
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengatakan lembaganya membuka opsi untuk membuka debat pasangan calon presiden dan wakil presiden di luar Jakarta. Opsi itu muncul setelah sejumlah pihak meminta agar debat capres tak terfokus di Jakarta seperti pada pemilu sebelumnya.

Tentang opsi dari KPU ini mendapatkan respons dari Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding. Karding menganggap semakin canggih teknologi semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses visi-misi yang disampaikan paslon.

Sementara soal tempat dianggapnya tak terlalu relevan lantaran biasanya debat lebih banyak ditayangkan di televisi. Sehingga di Jakarta lebih efektif. "Di luar daerah akan menguras banyak energi dan banyak hal yang harus disiapkan," ujar Karding saat dihubungi, Selasa (27/11/2018).

Kecuali, kata Politikus PKB ini jika debat tersebut bisa disaksikan oleh banyak massa secara langsung. Sementara KPU hanya membatasi jumlah tim dan pendukung yang masuk ke ruang debat capres.

"Ini masalah SOP tema yang diangkat oleh KPU untuk menyentuh masyarakat. Jadi menurut saya teknologi harus dimanfaatkan sepenuhnya karena selama ini debat bukan di depan massa tapi di televisi," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6311 seconds (0.1#10.140)