Dinilai Janggal, Polri Diminta Jelaskan Kronologi Kasus Dahnil

Senin, 26 November 2018 - 15:20 WIB
Dinilai Janggal, Polri Diminta Jelaskan Kronologi Kasus Dahnil
Dinilai Janggal, Polri Diminta Jelaskan Kronologi Kasus Dahnil
A A A
JAKARTA - Polri diminta menjelaskan kronologi mengapa memprioritaskan kasus dugaan penyelewengan anggaran kemah pemuda yang menyeret nama Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Penjelasan itu dibutuhkan agar publik tidak curiga pengusutan kasus Koordinator Juri Bicara pasangan calon (paslon) nomor 02, Prabowo-Sandi, itu bermuatan politis.

"Ini banyak kasus lain, kenapa kok Polisi getol mengurus kasus Dahnil, itu harus dijelaskan," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno kepada SINDOnews, Senin (26/11/2018).

Adi mengatakan, Polisi harus adil memperlakukan pihak-pihak yang terkait kemah pemuda. Diketahui, Pemuda Muhammadiyah bukan satu-satunya organisasi yang menggunakan dana dari Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk kemah pemuda.

Sejauh ini, telah ada pengakuan dari pihak Gerakan Pemuda Ansor telah diperiksa oleh Polisi terkait dana tersebut. Namun demikian, Adi menggarisbawahi pemeriksaan tersebut tidak atas sepengetahuan publik.

"Klaim Polisi temen-temen Ansor sudah diperiksa. Harusnya perlakuannya sama. Agak lucu kalau kemah kebangsaan yang diinisiasi oleh Kemenpora, sementara laporan keuangannya yang bermasalah kok hanya Pemuda Muhammadiyah, Kementerian kan ada SOP," ucap Adi.

Untuk menghindari anggapan miring terhadap Polisi, Adi mendorong agar ada audit menyeluruh terhadap pihak-pihak terkait kemah pemuda tersebut.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5860 seconds (0.1#10.140)