KSDAE KLHK Sambut Gembira Temuan Anakan Baru Badak Jawa di TNUK

Sabtu, 06 April 2024 - 20:40 WIB
loading...
KSDAE KLHK Sambut Gembira Temuan Anakan Baru Badak Jawa di TNUK
Kabar gembira datang dari Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), satu individu baru anak Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) terekam kamera di wilayah Semenanjung Ujung Kulon. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kabar gembira datang dari ujung barat Pulau Jawa, tepatnya di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), satu individu baru anak Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) terekam kamera di wilayah Semenanjung Ujung Kulon.

Hal ini pun disambut antusias oleh Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Dirjen KSDAE, Satyawan Pudyatmoko menyampaikan rasa gembira atas temuan anak badak tersebut.



Ia menyatakan pihaknya akan terus memantau perkembangan anak badak sebagaimana anak badak yang lain. "Ahamdullilah, ini merupakan berita gembira dan membuktikan bahwa Badak Jawa di dunia yang hanya ada di Ujung Kulon dapat berkembang dengan baik dan lestari," ujar Satyawan Pudyatmoko, Sabtu (6/4/2024).



Tercatat anak Badak Jawa tertangkap kamera jebak pada tanggal 4 Maret 2024 pukul 11.49 WIB. Kamera jebak tersebut merekam induk dan anak Badak Jawa yang diduga merupakan anakan baru.

Kepastian adanya anakan baru Badak Jawa ini berdasarkan hasil dari Monitoring Badak Jawa (MBJ) yang dilaksanakan pada bulan Februari-April 2024 dan ditindaklanjuti dengan analisis fisik dari para ahli identifikasi individu Badak Jawa dengan anggota dari para mitra dan akademisi.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari pembaharuan metode pemasangan kamera jebak dengan metode sistematik sampling (cluster). Kegiatan monitoring mulai dilaksanakan pada bulan Februari-April 2024 dan berhasil memasang sebanyak 126 unit kamera jebak.

Hasil identifikasi yang dilakukan oleh tim bahwa anakan Badak Jawa baru ini diperkirakan berusia 3 sampai dengan 5 bulan dan untuk sementara anak Badak Jawa tersebut diberi identitas ID.093.2024.

"Jenis kelamin belum teridentifikasi karena posisi badan bagian belakang tidak berada tepat di depan kamera jebak. Belum ada ciri khusus/cacat yang telihat dari penampakan badan anak Badak Jawa tersebut sehingga bisa dikategorikan mulus/normal," ucap Satyawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)