Waspada! Banjir Rob Berpotensi Terjadi di Sejumlah Pesisir pada Periode Lebaran 2024

Sabtu, 06 April 2024 - 16:02 WIB
loading...
Waspada! Banjir Rob Berpotensi Terjadi di Sejumlah Pesisir pada Periode Lebaran 2024
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi banjir rob di sejumlah wilayah pesisir Indonesia pada periode libur Lebaran atau hingga 14 April 2024. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi banjir rob di sejumlah wilayah pesisir Indonesia pada periode libur Lebaran atau hingga 14 April 2024.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo mengatakan banjir rob dipengaruhi adanya fenomena Fase Bulan Baru disertai Perigee pada tanggal 9 April 2024 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

“Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, di antaranya Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Lampung, Pesisir Banten, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir NTT, Pesisir Sulawesi Tenggara, Pesisir Maluku,” ungkap Eko dalam keterangan resminya, Sabtu (6/4/2024).

Eko mengatakan potensi banjir pesisir ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” imbaunya.

Berikut lokasi dan waktu potensi terjadinya banjir pesisir atau rob periode 6 hingga 14 April 2024:

1. Pesisir Sumatera Utara

- Pesisir Belawan dan sekitarnya, 6-13 April 2024

2. Pesisir Lampung

- Pesisir Bandar Lampung, Pesisir Tanggamus, Pesisir Lampung Selatan, Pesisir Pesawaran, Pesisir timur Lampung, dan Pesisir barat lampung, 10-14 April 2024
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)