Baznas, BPKH, dan TNI AL Gelar Pesantren Kilat untuk Pelajar di Kapal Perang

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:45 WIB
loading...
Baznas, BPKH, dan TNI AL Gelar Pesantren Kilat untuk Pelajar di Kapal Perang
Ketua Baznas Baznas Noor Achmad melepas ratusan pelajar peserta pesantren kilat di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Barat. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan TNI AL kembali menggelar Pesantren Kilat Ramadan 1445 H untuk pelajar. Kegiatan bertajuk Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi (Ekspresi) ini diselenggarakan di atas kapal perang milik TNI AL yakni, KRl Semarang-594.

Upacara pembukaan Ekspresi Baznas 1445 H dilaksanakan di Dermaga Kolinlami Jakarta, dengan inspektur upacara Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. Hadir dalam upacara tersebut Ketua Baznas RI KH. Noor Achmad dan Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Baznas Baznas Noor Achmad, mengatakan, kegiatan Ekspresi 2024 akan dihelat selama tiga hari mulai 28-30 Maret 2024, dengan diikuti 500 peserta yang merupakan siswa dan siswi SMA atau sederajat.


"Alhamdulillah antusias calon peserta Kegiatan Ekspresi Ramadan 1445 H sangat tinggi. Sehingga kegiatan tahun ini diikuti 481 peserta yang terdiri dari 297 peserta laki-laki dan 184 peserta perempuan dari 102 sekolah di Jabodetabek," ujar Kiai Noor, Kamis (28/3/2024).

Kiai Noor mengatakan, kegiatan Ekspresi Ramadan 1445 H bertujuan memberi pengalaman kepada anak-anak Milenial untuk melihat lebih dekat proses pengelolaan dan pendistribusian dana zakat langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.



"Kegiatan Ekspresi Ramadan 1445 H merupakan upaya edukasi sekaligus transparansi Baznas tentang dana zakat yang dikelola. Di dalamnya ada berbagai jenis kegiatan yang menggambarkan tentang pentingnya berbagi terhadap sesama," jelasnya.

Kiai Noor memastikan kader-kader yang mengikuti pesantren kilat dalam kegiatan Ekspresi Ramadan 1445 H di kapal perang milik TNI AL ini merupakan kader-kader NKRI yang juga memahami isi Al-Qur'an.

"Karenanya, kami berharap kerja sama antara Baznas, BPKH, dan TNI AL dapat memberikan manfaat yang nyata di bulan suci Ramadan melalui kegiatan pesantren kilat di atas kapal perang," harapnya.

Sementara itu, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, program Ekspresi Baznas ini merupakan program terobosan yang diinisiasi Baznas bersama TNI AL di bulan suci Ramadan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)