6 Jati Diri yang Melekat dalam Diri Petugas Haji Indonesia

Rabu, 20 Maret 2024 - 13:07 WIB
loading...
6 Jati Diri yang Melekat dalam Diri Petugas Haji Indonesia
6 Jati Diri yang Melekat dalam Diri Petugas Haji Indonesia/Andryanto Wisnuwidodo/Sindonews
A A A
Ada 6 Jati Diri yang melekat dalam diri Petugas Haji saat melaksanakan kewajibannya saat bertugas melayani jemaah haji Indonesia. 6 Jati Diri petugas haji ini adalah adil, amanah, transparan dan akuntabel, orientasi pada kemaslahatan dan kemanfaatan, memberikan keamanan dan kenyamanan dan profesional.

Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Arsad Hidayat menyebutkan bahwa 6 Jati Diri inimenggambarkan karakter dan komitmen Petugas Haji dalam menjalankan tugas melayani jemaah haji Indonesia di tanah suci.



Arsad kemudian menerangkan apa artiJati Diri sebagai Identitas Petugas Haji. Identitas dalam arti pelayanan siap melayani dengan amanah, bertanggung jawab dan profesional. Arsad menjabarkan mengenai 6 Jati Diri Petugas Haji.

1. Adil. Pelayanan kepada jemaah haji berpegang pada asas keadilan, tidak berat sebelah, tidak memihak, tidak sewenang-wenang. (QS Al An Nisa: 135).
2. Amanah. Pelayanan kepada jemaah haji dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. (Al Mukminun: 8).
3. Transparan dan Akuntabel. Transparan artinya pelayanan dilakukan secara terbuka dan memberikan akses sebesar-besarnya jemaah untuk mendapatkan bantuan dan layanannya. (QS Al Qoshosh: 26).
4. Orientasi Maslahat dan Manfaat. Pelayanan yang diberikan harus berorientasi pada kebaikan dan kemaslahatan serta memberikan manfaat pada jemaah. (QS Al An’am: 48).
5. Memberikan keamanan dan kenyamanan. Pelayanan kepada jemaah haji harus dilaksanakan demi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan jemaah. (QS Al Hujurat: 3).
6. Profesional. Pelayanan kepada jemaah haji harus dilaksanakan sebaik dan sesempurna mungkin.
(Dari Aisyah r.a., sesungguhnya Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah s.w.t. mencintai seseorang yang apabila mengerjakan sesuatu dikerjakan hingga tuntas”. HR Tabrani)
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)