Jelang Pengumuman Hasil Pemilu, Polri Siagakan 4.992 Personel di KPU hingga Gedung MK

Senin, 18 Maret 2024 - 15:02 WIB
loading...
Jelang Pengumuman Hasil Pemilu, Polri Siagakan 4.992 Personel di KPU hingga Gedung MK
Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran menyebut akan menyiagakan 4.992 personel di Kantor KPU, Bawaslu, DKPP hingga Gedung MK. Foto/MPI/jonathan simanjuntak
A A A
JAKARTA - Jelang pengumuman hasil Pemilu 2024, Baharkam Polri menyiagakan 4.992 personel untuk menjaga Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) hingga Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

“Titik pengamanan tentu sama seperti tahun sebelumnya yaitu di penyelenggara pemilu ada KPU, Bawaslu dan DKPP,” kata Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Fadil Imran, Senin (18/3/2024).

Fadil juga memastikan aparat kepolisian akan disiagakan di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya hal itu dilakukan lantaran adanya tahapan untuk melakukan permohonan sengketa hasil Pemilu.



“Tentunya terkait dengan sengketa pemilu, kita akan mengamankan MK, kemudian manakala ada masyarakat yang ke DPR, maka juga akan kita siapkan keamanan,” ungkap dia.

Kendati aparat kepolisian telah disiagakan, Fadil menyebut situasi dan kondisi sejauh ini masih berlangsung aman dan kondusif. Sejumlah tindakan preventif, preemtif dan edukasi pun bakal terus dilakukan.



Karopenmas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut jumlah personel yang disiagakan ialah 4.992 personel.

“Jumlah personel yang disampaikan pada titik pengamanan sebanyak 4.992 personel Polri gabungan juga dengan stakeholders dan juga terdiri dari Satgasus atau pusat Mabes dan Satgas Daerah yaitu Polda Metro,” kata Trunoyudo.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)