Fadli Zon Pimpin Delegasi DPR RI Jadi Pemantau Pilpres Rusia

Senin, 18 Maret 2024 - 11:55 WIB
loading...
Fadli Zon Pimpin Delegasi DPR RI Jadi Pemantau Pilpres Rusia
Delegasi Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI yang diketuai Fadli Zon dan Putu Supadma Rudana hadir sebagai Pemantau Internasional pada Pilpres Rusia. Foto/Istimewa
A A A
MOSKOW - Delegasi Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI yang diketuai Fadli Zon dan Putu Supadma Rudana hadir sebagai Pemantau Internasional (International Observer) pada Pilpres Rusia . Pilpres akan dilaksanakan pada 15 hingga 17 Maret 2024.

Kehadiran delegasi BKSAP DPR RI tersebut adalah dalam rangka memenuhi undangan dari Komisi Pemilihan Umum Rusia. Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 tersebut berkesempatan untuk menyaksikan secara langsung proses Pilpres Rusia di beberapa Polling Station. Antara lain Polling Station nomor 4563 dan 3532 yang terdapat di Kota Moskow.



Pada kesempatan tersebut, Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon mendapatkan penjelasan mengenai metode pemilihan yang terdiri dari tiga cara yaitu, manual dengan mencontreng pilihan pada kertas suara, elektronik dengan menggunakan gawai yang disediakan, serta online yang bisa dilakukan dimana saja tanpa harus datang ke Polling Station.

Di samping itu, bagi warga Rusia yang lanjut usia, petugas pemilihan akan berkeliling ke rumah-rumah dengan membawa kotak suara keliling. Kotak suara juga terbuat dari material plastik transparan namun tebal, yang dilengkapi sensor sehingga kertas suara dapat langsung dihitung dan pilihan warga bisa terlihat dengam cukup jelas.

"Ini menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi di Rusia. Bahwa berbeda pilihan itu biasa saja. Dengan dukungan teknologi tinggi tingkat kecurangan bisa ditekan dan ini berarti pemilunya semakin demokratis. Tidak seperti yang dicitrakan selama ini," ujar Fadli dalam wawancara dengan media nasional Rusia, Senin (18/3/2024).

Sebagaimana diketahui, pada Pilpres Rusia kali ini terdapat empat kandidat calon presiden. Vladimir Putin sebagai incumbent yang dicalonkan kembali oleh Partai Rusia Bersatu, Vladislav Davankov dari Partai Rakyat Baru, Leonid Slutsky dari Partai Liberal, serta Nikolai Kharitonov dari Partai Komunis.

Di sela-sela kegiatan sebagai observer, Fadli Zon juga melakukan courtessy call dengan Wakil Ketua Senat Rusia HE Ilyas Umakhanov dan Ketua Komite Kerja Sama Antar Parlemen Senat Rusia HE Konstantin Kosachev.



Pertemuan membicarakan mengenai peran Parlemen dalam meningkatkan hubungan bilateral dan persahabatan kedua negara yang selama ini telah terjalin dengan baik.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)